Menkes: Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia akan Dimulai Besok

0
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (suarakarya.co.id/istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Program vaksinasi corona virus disease (covid-19) untuk lanjut usia (lansia) akan dilakukan pemerintah mulai besok, Senin (8/2/2021). Tahap pertama, vaksin tersebut akan diberikan kepada tenaga kesehatan berusia 60 tahun keatas.

“Vaksin coronavac akan diberikan kepada tenaga kesehatan usia diatas 60 tahun, karena mereka memiliki risiko ganda. Selain masuk usia rawan, pekerjaannya juga rawan terpapar covid-19,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers secara virtual, Minggu (7/2/2021).

Menkes menyebutkan, tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun yang akan divaksinasi berjumlah 11.600 orang di seluruh Indonesia. Proses vaksinasi dilakukan secara bertahap dengan target penyelesaian hingga akhir Februari 2021.

“Kelompok lansia menerima vaksinasi dalam dua dosis, dengan selang waktu 28 hari. Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan ‘inactivated’ virus ke tubuh sehingga vaksin dapat bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru,” ujarnya.

Sementara, vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk dalam tubuh semakin kuat dan optimal.

Secara paralel pemerintah juga akan mulai melakukan vaksinasi kepada lansia kategori non-nakes. Sekitar 10 persen populasi penduduk Indonesia berada dalam kelompok lansia, dan 50 persen lebih kematian akibat covid-19 terjadi pada kelompok ini.

“Pemberian vaksinasi kepada lansia dapat menekan kematian dan juga mengurangi tekanan terhadap rumah sakit. Diharapkan, angka rawat inap dan rasio ketersediaan tempat tidur menjadi turun,” ucap Budi Gunadi Sadikin menandaskan. (Tri Wahyuni)