Menkes: Vaksinasi Individu Berbayar itu Pilihan!

0

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, Vaksinasi Gotong Royong Individu itu pilihan atau opsi bagi masyarakat. Pilihan itu terbuka bagi individu maupun perusahaan.

“Prinsipnya pemerintah membuka opsi yang luas bagi masyarakat, apakah mau memilih vaksin yang disediakan pemerintah atau memilih vaksin gotong royong, kata Menkes dalam keterangan pers secara virtual, Senin (12/7/21).

Ditambahkan, Vaksinasi Gotong Royong diperluas untuk individu karena banyak pengusaha yang belum mendapat akses. Kini program vaksin gotong royong bisa didapat melalui Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

“Jadi ada beberapa perusahaan pribadi atau kecil yang ingin mendapat akses ke vaksin gotong royong, namun kesulitan. Sekarang bisa diakses melalui Kadin Aksesnya sudah dibuka,” ucapnya.

Ada juga beberapa Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Indonesia bisa mendapat akses ke vaksin gotong royong yang individu. Namun, pelaksanaan vaksin gotong royong baru akan dilakukan setelah program vaksinasi pemerintah sudah mulai masif.

Menkes menyebut, stok vaksin pada Juli 2021 ada 30 juta dosis, Agustus akan dapat 40 juta dosis, dan seterusnya 50 juta dosis. Dengan demikian, akses masyarakat terhadap vaksin yang lain akan semakin besar.

“Masyarakat yang ingin mengambil opsi lain juga tersedia. Sehingga opsinya semua tersedia,” kata Menkes menandaskan. (Tri Wahyuni)