Menko PMK Cek Kesiapan Venue ASEAN Para Games 2022

0

JAKARTA (Suara Karya): Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau persiapan ‘venue’ kolam renang untuk pelaksanaan pesta olahraga disabilitas ASEAN Para Games (APG) XI 2022.

Perhelatan ASEAN Para Games XI akan digelar di Solo, Jawa Tengah, Indonesia pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. Sebanyak 1.648 atlet dari 11 negara terkonfirmasi akan ikut dalam multievent olahraga APG tersebut.

Venue renang pada multievent olahraga APG di Solo Raya akan diselenggarakan di Kolam Renang Jatidiri, Semarang. Arena lomba untuk cabang akuatik rencananya dilaksanakan di kolam renang Intan Pari, Karanganyar.

“Karena fasilitas kolam renang belum tersedia di sana, lalu kami alihkan ke Semarang yang sudah lebih siap,” tutur Muhadjir.

Sejauh ini persiapan venue kolam renang di Jatidiri sudah mencapai 90 persen. Saat ini tengah dilakukan beberapa perbaikan kecil, seperti akses jalan sepanjang 200 meter menuju lokasi lomba.

“Perbaikan kecil itu tidak perlu anggaran khusus, karena sudah di kunci dengan Perpres. Anggarannya akan diupayakan oleh kajati melalui CSR,” ucapnya.

Ditambahkan, perkembangan persiapan APG XI 2022 akan segera disampaikan langsung ke presiden.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran di Provinsi Jateng, terutama cabor renang yang sudah menyiapkan dengan baik venue untuk renang ASEAN Para Games ini,” kata Menko PMK menandaskan. (Tri Wahyuni)