Menpora Harapkan, Karya Inovator Terbaik National Youth Science and Technology (NYST) Awards 2022 Berguna Bagi Masyarakat

0

JAKARTA (Suara Karya) : Menteri Pemuda dan Olahraga, Prof. Dr. Zainudin Amali, SE, M.Si memberikan apresiasi pada pemuda dan pemudi yang menerima anugrah Inovator Terbaik National Youth Science and Technology (NYST) Awards 2022.

“Saya berharap karya dari 10 Inovator Terbaik National Youth Science and Technology (NYST) Awards 2022 bisa diterapkan ditengah masyarakat. Dengan harapan karya yang diciptakan dapat berguna bagi masyarakat banyak, ” tegas Menpora di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat.

Menpora mencontohkan, seperti alat detak jantung sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat. Inovasi seperti itu seyogyanya diterapkan kegunaannya bagi masyarakat banyak.

Zainudin melanjutkan, para Inovator terbaik sudah seharusnya terus mengasah hasil karyanya. Dengan harapan, di tahun – tahun mendatang dapat meningkatkan yang lebih baik, fungsi dan kegunaannya.

Bahkan karya terbarunya dapat disertakan lagi dalam lomba Inovasi di tahun mendatang. Dengan catatan tema dan fungsi kegunaan karya yang diajukan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Kolaborasi

Pada kesempatan terpisah Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Prof. Dr. Faisal Abdullah, S.H., M.Si., mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan memunculkan potensi dan inovasi pemuda di bidang IPTEK. Sekaligus, menyediakan wadah bagi para pemuda Indonesia berusia 16 sampai 30 tahun untuk berkreasi dan berekspresi di bidang IPTEK.

“Saya bangga dan berbahagia atas tingginya antusiasme para pemuda inovator Indonesia terhadap kegiatan ini hingga mampu menyentuh angka 426 pendaftar seperti yang dilaporkan oleh Pak Asisten Deputi, ” tegas Faisal.

Menurutnya, kolaborasi yang baik antar sektor, baik komunitas, institusi, dan pemerintah daerah maupun provinsi, hingga bisa terjaring ratusan peserta dari 28 Provinsi dan 128 kabupaten kota.

Menurutnya, 426 inovator yang terdaftar, memiliki karya yang unik dengan karakteristik masing-masing, berdaya guna, dan yang tak kalah penting adalah mampu memberdayakan berbagai kelompok masyarakat dan mampu menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi, baik dalam skala lokal, nasional, ataupun global.

“Menjadi tantangan tersendiri bagi segenap tim dewan juri untuk bisa memilih 5 dari 10 inovator ini untuk bisa kami tetapkan sebagai inovator terbaik dan 5 inovator lain yang juga kami tetapkan sebagai inovator terpilih, ” Katanya. (Warso)