Menpora : Keamanan F1 PowerBoad di Danau Toba Dipantau Melalui Darat dan Udara

0

JAKARTA (Suara Karya) : Ketua Panitia Penyelenggara event F1 PowerBoad, Prof. Dr. Zainudin Amali, SE, M.Si siap memonitor dan memantau segi keamanan melalui darat dan udara yang akan digelar di Danau Toba akhir Februari 2023.

“Keamanan melalui dua faktor itu untuk memberikan kenyamanan bagi para pebalap dalam melakukan lomba. Keamanan dari udara, sudah jelas menggunakan helikopter, ” tegas Zainudin Amali yang juga Menteri Pemuda dan Olahraga, di Press Center Menpora, Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Menpora melanjutkan, event F1 PowerBoad ini cukup digandrungi di dunia. Upaya meningkatkan dunia wisata di kawasan Danau Toba, maka pemerintah mendukung adanya event bergengsi di dunia itu.

“Dipastikan event F1 PowerBoad yang direncanakan digelar di Danau Toba kali Ini akan diikuti 18 pebalap datang dari 8 negara peserta. Dipastikan event tersebut akan menyedot penonton lokal dan asing, ” Katanya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPODT, Raja Malem Ukur Tarigan mengatakan, event F1 PowerBoad kali ini menjamin dari segi keamanan, berbeda dengan 20 tahun silam.

“Bila terjadi insiden ditengah perairan motor board yang dipakai pembalap langsung mengapung dan pebalap terhindar dari sesuatu hal yang tidak diinginkan. Hal itu yang membuat panitia menggelar event tersebut di Danau Toba, ” katanya.

Dengan pertimbangan, Danau Toba akan lebih dikenal lagi sebagai daerah witasa dibelahan dunia. Karena ia memastikan, dengan dibantu siaran melalui internet dipastikan penontonya mencapai 20 hingga 25 ribu keatas.

“Perpaduan dunia olahraga dan pariwisata inilah diharapkan menumbuhkan minat wisatawan datang menyaksikan dan menikmati Keindahan Danau Toba, ” tambahnya (Warso)