Menpora : Meraih MURI, SKJ Merupakan Hulu Pembinaan Olahraga Lewat DBON

0

JAKARTA (Suara Karya) : Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) diikuti Ratusan Ribu Pelajar yang tersebar diseluruh Indonesia memecahkan Rekor (MURI) yang digelar secara online dan offline di Plaza Utara GBK Jakarta Pusat, Sabtu (27/8/2022).

“Kami mengharapkan melalui SKJ menjadi kawah candra dimuka pembinaan atlet yang diprogramkan melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dengan sentral di 10 perguruan tinggi diseluruh Indonesia,”tegas Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali di Jakarta.

Menpora berharap, launching kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia SKJ dapat tersosialisasikan secara massif ke seluruh pelajar, bahkan masyarakat umum.

“SKJ ini bukan hanya untuk pelajar, tetapi kalau lihat gerakan-gerakannya itu adalah gerakan-gerakan yang sangat energik. Tidak hanya pelajar, juga bisa diiikuti oleh semua lapisan masyarakat, termasuk atlet ” ujar Menpora Amali.

Lewat SKJ, Menpora berharap akan terbentuk masyarakat yang bugar. Apalagi ketika awal dan selama Covid-19, mereka yang hanya kebugarannya bagus, yang memiliki daya tahan tubuh kuat.

Menurutnya, apabila masyarakat tidak bugar, kalau dikaitkan dengan pencarian bakat talenta untuk atlet-atlet yang berprestasi, maka sulit untuk menemukan talenta-talenta yang bagus seperti atlet muda yang kini masuk DBOD yang ditempa disentra-sentra perguruan tinggi yang ada jurusan olahraganya.

Amali menjelaskan, dengan begitu desain olahraga nasional dengan gambaran hulunya adalah kebugaran, sedangkan hilirnya adalah prestasi.

“Tidak mungkin menciptakan prestasi yang bagus di tengah masyarakat yang sakit-sakitan, sehingga SKJ menjadi sangat penting demi kebugaran masyarakat,” ujar Amali lagi. (Warso)