Menpora: Pemuda Tak Boleh Lupakan Sejarah “Sumpah Pemuda”

0

JAKARTA (Suara Karya) : Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menegaskan, pemuda tidak boleh melupakan perjalanan sejarah. Sumpah pemuda diikrarkan para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

“Momentum 94 tahun perjalanan sejarah, menjadi cikal bakal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga hari ini, ” Papar Menpora setelah resmi melaunching Logo Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Pemuda Tahun 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/10/3022).

“Patutlah kita memperingati setiap tahun, saya kira bukan hanya peringatan secara seremonial yang dilakukan. Tapi ada peningkatan makna dari peringatan sumpah pemuda,”katanya.

Sumpah pemuda katanya, adalah tekad bersama bangsa Indonesia kala itu sebagai sebuah bangsa yang berasal dari beragam latar belakang, beragam suku bangsa, beragam bahasa, beragam agama, dan berbagai latar belakang yang berbeda-beda baik itu suku, bahasa, dan agama.

“Tapi karena tekad kita bersama ingin bersatu, berada dalam satu tanah air, berada dalam satu kesatuan bahasa yang satu, bangsa yang besar. Maka 17 Agustus 1945 tercetuslah kemerdekaan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Dengan demikian, momentum tersebut, khususnya bagi anak-anak muda tidak boleh dilupakan. Sebab apabila mereka melupakan sejarah dan melupakan negara yang dihuni saat ini, maka itu tanda – tanda keruntuhan NKRI bisa terancam.

“Jangan kita menganggap selamanya kita aman, tidak ada gangguan. Saya kira sejak berdirinya NKRI 17 Agustus 1945 silih berganti ancaman dan gangguan yang datang baik dari dalam maupun dari luar, “katanya.

Namun demikian, karena tekad bersama dalam naungan NKRI, dasar negara Pancasila, dengan Kebhinekaan, dan juga dengan UUD 1945, Alhamdulillah sampai hari ini masih tetap utuh dibawah naungan NKRI.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan, dalam menggelorakan semangat dan juga demam Hari Sumpah Pemuda, sejak satu bulan sebelumnya telah melibatkan anak-anak muda yang memiliki kreativitas dan juga informasi untuk mendesain logo HSP ke 94 2022.

Untuk Bulan Pemuda pihaknya telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan hingga puncaknya HSP 2022 yang nantinya akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara Kalimantan Timur. Kegiatan tersebut antara lain Apresiasi Wirausaha Muda Berprestasi, Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia, Apresiasi Pemuda Berprestasi Internasional dan Pemuda Difabel Tingkat Nasional, Apresiasi Pemuda Pelopor Nasional, Latihan Kepemimpinan Purna Paskibraka Nasional, Tik Tok Challenge Sumpah Pemuda, Senam Nasional Aerobik, Pertemuan Forum Rektor untuk kepentingan megarusutamakan pembangunan kepemudaaan. (Warso)