Meriahkan HUT RI Ke-75, BPJS Kesehatan Gelar Lomba Vlog untuk FKTP

0
Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf. (Suarakarya.co.id/Tri Wahyuni)

JAKARTA (Suara Karya): Guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelar lomba video blog (vlog) edukasi untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Temanya tentang penerapan protokol kesehatan di FKTP. Adaptasi kebiasaan baru di sektor layanan kesehatan menjadi penting untuk mencegah perluasan penularan corona virus disease (covid-19),” kata Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf dalam keterangan pers, Jumat (14/8/20).

Iqbal menjelaskan, lomba vlog dilakukan selain ikut memeriahkan HUT RI ke-75, juga ingin mendorong fasilitas kesehatan dan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan covid-19.

“Kita tidak boleh lalai, bahkan abai dalam upaya pemutusan rantai penyebaran covid-19,” katanya menegaskan.

Ditambahkan, lomba vlog tersebut diharapkan dapat meyakinkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun masyarakat bahwa protokol kesehatan covid-19 tak akan mengurangi atau menutup akses layanan kesehatan di FKTP. Karena semua itu dijamin oleh Program JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat).

“Salah satu bentuk kemajuan bangsa Indonesia di tahun kemerdekaan ke-75 adalah memiliki program jaminan kesehatan yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” tuturnya.

Digelarnya lomba vlog, Iqbal berharap, dapat memperkuat peran FKTP dalam mengedukasi peserta JKN dan masyarakat sekitar agar terhindar dari penularan covid-19. FKTP juga dapat memberi informasi seputar penerapan protokol kesehatan, inovasi, kemudahan dalam mengakses layanan, serta program promotif dan preventif lainnya.

FKTP yang ingin berpartisipasi dalam lomba, lanjut Iqbal, dapat mengunggah vlog pada 17 Agustus 2020 secara serentak. Vlog akan dinilai tim dewan juri secara berjenjang mulai tingkat cabang, tingkat wilayah dan tingkat nasional.

Tim dewan juri cabang dan wilayah akan melibatkan Dinas Kesehatan serta Tim Kendali Mutu dan Biaya dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah. Sementara tim dewan juri nasional melibatkan Kementerian Kesehatan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional serta pakar komunikasi.

“Kami harap partisipasi FKTP dalam lomba vlog ini adalah bentuk upaya bersama, gotong royong besar dalam menghadapi pandemi dan penanganan covid-19,” ujarnya.

Iqbal menyebut adaptasi kebiasaan baru, antara lain menerapkan 3 Disiplin Plus yaitu Disiplin menggunakan masker yang benar, Disiplin rajin mencuci tangan dengan sabun yang benar, Disiplin menjaga jarak yang benar. Plus yang dimaksud adalah berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Jangan lupa terapkan physical distancing. Jika 3 Disiplin Plus dijalankan dengan konsisten, maka kasus covid-19 di Indonesia secara perlahan akan terus berkurang. Bahkan tidak menutup kemungkinan hilang dari Tanah Air,” kata Iqbal menandaskan. (Tri Wahyuni)