Minum Susu saat Buka Puasa Lebih Sehat Ketimbang Gorengan

0

JAKARTA (Suara Karya): Minum susu saat berbuka puasa ternyata bikin tubuh lebih sehat. Pasalnya, perut yang kosong setelah 13 jam berpuasa akan menyerap kandungan gizi dalam susu lebih maksimal.

“Saat berbuka setelah mengonsumsi air putih dan kurma 1-3 butir sebagaimana disunnahkan, lanjutan dengan minum susu. Gizinya lebih baik dibanding makan gorengan,” kata ahli gizi, dr Rizal Alaydrus dalam diskusi media yang diselenggarakan Kin Fresh Milk, di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Rizal dalam kesempatan itu didampingi Brand Manager Kin Fresh Milk, Tiffany Pratiwi Suwandi dan social media influencer, Astrid Satwika.

Setelah berpuasa, tambah Rizal, tubuh membutuhkan asupan yang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga bernutrisi. Asupan itu untuk menggantikan energi yang hilang digunakan untuk aktivitas harian.

“Asupan bernutrisi itu bisa diperoleh dari gizi yang terkandung dalam susu. Namun sayangnya, masyarakat Indonesia belum terbiasa minum susu saat berbuka. Itu karena ada sebagian orang yang kalau minum susu saat perut kosong, bikin perut mules,” ujarnya.

Rizal menjelaskan, ada sebagian orang yang tidak bisa minum susu karena dua alasan. Perut langsung mules dan mencret setelah minum susu. Dua alasan itu adalah alergi terhadap protein susu dan intolerance lactose.

“Kasus intolerance lactose terjadi karena pencernaan tidak menerima keberadaan protein A1 pada susu. Sedangkan protein A2 masih bisa diterima. Bagi penderita intolerannce lactose, harus lebih teliti dalam memilih produk susu. Pastikan susu mengandung protein A2,” ujarnya.

Rizal mengaku senang karena sudah ada Kin Fresh Milk yang memiliki kandungan A2 di Indonesia. Ia jadi bisa minum susu tanpa menimbulkan mual atau kembung. Agar tak bosan, susu bisa dicampur buah-buahan untuk rasa yang lebih segar. “Favorit saya adalah Kin yang rasa kopi,” ucapnya.

Hal senada disampaikan social media influencer Astrid Satwika. Keluarga kecilnya sangat menyukai Kin Fresh Milk karena rasanya yang lebih enak. “Kami selalu stok Kin di kulkas, karena 2 anak saya suka sekali Kin rasa coklat,” katanya.

Brand Manager Kin, Tiffany menambahkan, Kin memiliki rasa enak karena berasal dari susu segar sapi A2 yang dikembangbiakan di Australia. Sapi A2 adalah sapi yang diseleksi khusus melalui tes DNA guna menghasilkan susu dengan kandungan protein A2.

“Kandungan protein A2 adalah senyawa protein alami pada susu sapi yang mudah dicerna tubuh seperti komposisi protein dalam Air Susu Ibu (ASI). Karena itu susu dengan A2 disebut juga Human Milk,” kata Tiffany menandaskan. (Tri Wahyuni)