MSIB Tahap 2 Dibuka, Mahasiswa Vokasi Diimbau Segera Mendaftar!

0

JAKARTA (Suara Karya): Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tahap ke-2 Tahun 2022 kembali dibuka. Pendaftaran program tersedia sejak 7 Desember 2021 hingga 7 Januari 2022.

Demikian dikemukakan Dirjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Wikan Sakarinto dalam acara sosialisasi Program MSIB 2022 yang digelar daring, Kamis (30/12/21).

Wikan menjelaskan, hal baru dalam MSIB tahap 2 adalah sistem penggabungan (blended) antara pendidikan tinggi vokasi dan pendidikan tinggi akademik. Keterlibatan mahasiswa vokasi dan akademik berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

“Jika pada 2021, penerimaan MSIB berdasarkan kuota yang telah ditetapkan masing-masing antara vokasi dan akademik. Sekarang, penerimaan program tersebut digabungkan,” ujarnya.

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek, Beny Bandanajaya menambahkan, program MSIB dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dengan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mencari pengalaman di luar kampus.

“MSIB juga untuk meningkatkan nilai jual mahasiswa. Diharapkan, pemangku kepentingan dapat mendorong dan memberi rekomendasi kepada mahasiwa untuk mendaftar ke Program MSIB,” kata Beny mengimbau.

Lewat MSIB, mahasiswa mendapat kesempatan magang di perusahaan yang diakui Kemdikbudristek selama 2 semester, diberi uang saku dan biaya hidup yang disubsidi kementerian selama magang, serta mendapat sertifikat kompetensi dari perusahaan tempat magangnya.

“Program MSIB adalah program yang memberi sarana kepada mahasiswa agar dapat berkegiatan di luar kampus. Mahasiswa MSIB dapat sertifikat kompetensi magang,” ujarnya.

Program MSIB tahap 2 pada 2022 mengalami peningkatan, baik dari jumlah penerimaan mahasiswa hingga besaran anggaran. Alokasi yang dianggaran Kemdikbudristek mencapai Rp700 miliar. Jumlah peserta ditingkatkan hingga menjadi 50 ribu mahasiswa dan 11 ribu mentor.

Informasi program MSIB dapat diakses melalui https:/kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang. Sedangkan informasi Program Studi Independen Bersertifikat melalui https:/kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/studi-independen. (Tri Wahyuni)