Suara Karya

Mudik 2022 Lancar, Kemenko PMK Dapat Penghargaan dari Kemenhub

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mendapat penghargaan terkait penyelenggaraan angkutan lebaran 2022. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Senin (27/6/22).

Penghargaan diterima Sekretaris Kemenko PMK, Satya Sananugraha atas nama Menko PMK Muhadjir Effendy.

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, penghargaan kepada Kemenko PMK diberikan karena capaian hasil yang luar biasa dalam pelayanan dan jasa transportasi secara langsung kepada masyarakat, dalam penyelenggaraan mudik lebaran 1443 Hijriah.

“Terima kasih pula pada para pihak yang mendukung pelaksanaan Mudik Lebaran tahun ini. Karena kita tidak mungkin bisa melakukan pekerjaan itu sendirian. Dan Kemenko PMK bisa memainkan sinkronisasi pekerjaan dan kebijakan, sehingga Mudik Lebaran bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ditambahkan, penghargaan juga diberikan kepada seluruh operator transportasi di Indonesia, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan media yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran 2022.

“Total ada 93 lembaga atau institusi yang mendapat apresiasi dari Kementerian Perhubungan terkait capaian pelaksanaan mudik lebaran pertama selama dua tahun pandemi covid-19,” ujarnya.

Kedepan, pemerintah akan meningkatkan kualitas pelaksanaan angkutan lebaran. Berbagai evaluasi dilakukan untuk moda jalan, penyeberangan, udara dan perkeretaapian.

Seperti diketahui, pada masa mudik lebaran 2022, Presiden menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai koordinator mudik lebaran 2022. Selama masa mudik itu, Menko PMK tak henti melakukan koordinasi dan peninjauan ke lapangan guna mengontrol arus mudik dengan berbagai pihak.

Peninjauan dilakukan ke sejumlah lokasi pusat pemberangkatan arus mudik dan arus balik yang menjadi titik sentral dalam mengurai persoalan di lapangan secara langsung. (Tri Wahyuni)

Related posts