Mulai 13 April, Kemdikbud lewat TVRI Siarkan Program Belajar dari Rumah

0

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggandeng TVRI untuk menyiarkan Program Belajar dari Rumah, selama masa pandemi virus corona (covid-19). Program tersebut akan dimulai Senin, 13 April 2020.

“Kami akan menyiarkan banyak materi pembelajaran bagi siswa SD, SMP, SMA, serta materi umum seperti pendidikan keluarga (parenting),” kata Pelaksana tugas Direktur Utama TVRI, Supriyono di kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Gedung Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (10/4/20).

Supriyono menjelaskan, penanyangan program belajar dari rumah tersebut akan berlangsung selama 3 bulan. Baik sekolah maupun siswa diminta untuk menyimak materi dari program tersebut sebagai bagian dari pengayaan belajar, selain menggelar pembelajaran daring seperti biasa.

Pelaksana harian Direktur Program dan Berita TVRI, Usrin Usman menambahkan, Program Belajar dari Rumah merupakan respon cepat Kemdikbud atas masukan dari Komisi X DPR RI, melalui rapat kerja yang digelar pada 27 Maret lalu.

“Dilibatkannya TVRI dalam Program Belajar dari Rumah guna membantu para siswa, sekolah dan masyarakat yang tidak memiliki akses internet karena masalah ekonomi dan letak geografis,” ujar Usrin.

Dijelaskan, konten pembelajaran yang disajikan akan fokus pada peningkatan literasi, numerasi, penumbuhan karakter, dan kecakapan hidup bagi peserta didik, yang disampaikan secara ringan dan menghibur.

“Tayangan pendidikan belajar dari rumah akan dilakukan mulai Senin hingga Jumat pada pukul 08.00 hingga 23.00 WIB,” kata Usrin.

Dipaparkan, waktu pelaksanaan materi setiap harinya untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada pukul 08.00-08.30 WIB, materi materi SD kelas 1 sampai 3 pada 08.30-09.00 WIB, materi SD kelas 4 sampai 6 pada 10.00-10.30 WIB, materi SMP pada 10.30-11.00, materi SMA pada 14.00-14.30 WIB dan materi pengasuhan dan pendidikan anak untuk orang tua dan guru pada 14.30-15.00.

“Di malam hari, akan ada tampilan berupa film untuk anak dan film Indonesia,” ucap Usrin seraya menambahkan Kemdikbud akan melakukan monitoring dan evaluasi atas program yang dijalankan TVRI dengan lembaga nonpemerintah tersebut.

Ditambahkan Usrin, 29 saluran TVRI yang ada di seluruh Indonesia juga akan menayangkan siaran “doa untuk bangsa” sebagai dukungan moral untuk masyarakat agar tabah dalam menjalani masa krisis selama covid-19. (Tri Wahyuni)