Mulai Hari Ini, Masyarakat Diminta Pakai Masker Saat Keluar Rumah

0

JAKARTA (Suara Karya): Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meminta seluruh masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Hal itu merupakan rekomendasi dari badan kesehatan dunia WHO untuk mencegah penularan virus corona (covid-19) di Indonesia.

“Mulai hari ini, sesuai rekomendasi dari WHO, kita semua wajib memakai masker saat berkegiatan di luar rumah,” kata Yuri dalam keterangan pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Minggu (5/4/20).

Yuri menyarankan masyarakat untuk memakai masker kain yang dapat dipakai secara berulang-ulang. Karena masker semacam itu bisa dicuci dengan sabun setelah dipakai. Namun, penggunaan masker itu tidak lebih boleh lebih dari 4 jam.

“Setelah 4 jam, ganti masker kainnya dengan masker kain yang baru. Simpan dalam plastik untuk dicuci di rumah. Plastiknya langsung dibuang. Upaya ini cukup efektif dalam mencegah penyebaran virus covid-19,” tuturnya.

Ditambahkan, penggunaan masker bedah dan N-95 yang sekali pakai sebaiknua dipergunakan untuk petugas medis. Mengingat ketersedia dua jenis masker tersebut terbilang langka di pasaran.

“Gunakan masker kain, karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun, bisa menjadi sumber penyebaran penyakit saat berada di luar rumah,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Yuri juga tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan jaga jarak sosial (social distancing), mengkonsumsi makanan bergizi agar daya imunitasnya baik dan menjaga kebersihan tubuh.

“Kami yakin kita bisa mengendalikan dan memberantas covid-19 ini, dengan cara bersama-sama tertib dan disiplin dalam melalukan anjuran untuk pencegahan penularan covid-19,” kata Yuri.

Ia juga meminta masyarakat untuk saling mengingatkan jika ada orang yang tidak pakai masker. Jika tidak mendesak sekali, sebaiknya tunda dulu rencana pergi ke luar rumah. “Dalam berkomunikasi sosial bisa menggunakan jaringan telekomunikasi yang kita miliki,” kata Yuri menandaskan. (Tri Wahyuni)