Museum Balai Kirti Dapat Hibah Koleksi Milik Wapres ke-6 dan ke-9

0

JAKARTA (Suara Karya): Wakil Presiden (Wapres) ke-6 periode 1993-1998, Try Sutrisno dan Wapres ke-9 periode 2001-2004, Hamzah Haz menghibahkan koleksi pribadi mereka ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti, pada Selasa (4/5/2021).

Koleksi tersebut diserahkan langsung oleh Try Sutrisno dan Hamzah Haz kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan (Kemdikbud), Fitra Arda di kediamannya masing-masing.

Firda dalam kesempatan itu didampingi Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Dewi Murwaningrum.

Dijelaskan, Try Sutrisno dan Hamzah Haz menghibahkan sebagian koleksi mereka semasa menjadi Wakil Presiden. Koleksi itu akan dipamerkan di museum guna memberi edukasi kepada pengunjung.

Try Sutrisno menghibahkan koleksi Pakaian Sipil Lengkap (PSL) untuk laki-laki berupa jas, pakaian kerja dan peci berwarna gelap, kacamata berikut boks-nya, buku berjudul “Kunjungan Kerja ke-27 Provinsi”, Al-Qur’an, tasbih dan sandal slop yang sering dipakai saat menjabat sebagai wapres.

Sedangkan, Hamzah Haz menghibahkan koleksi kemeja, sarung, sorban, peci hitam dan peci putih, serta baju gamis yang sering dikenakan saat menjabat sebagai wakil presiden.

Fitra Arda menyambut baik penyerahan koleksi milik Try Sutrisno dan Hamzah Haz kepada Museum Kepresidenan RI Balai Kirti. Ia juga menginstruksikan untuk segera mempersiapkan segala hal yang dibutuhka, sehingga dapat segera dipamerkan kepada masyarakat.

Penyerahan koleksi milik kedua Wakil Presiden itu sesuai program kerja Museum Kepresidenan RI Balai Kirti. Salah satunya, kegiatan pengkajian dan pengumpulan koleksi terkait tokoh Wakil Presiden Republik Indonesia.

Kegiatan itu, lanjut Firda, juga bertujuan untuk menggali potensi nilai dan informasi koleksi yang akan dipamerkan dan dikomunikasikan kepada masyarakat sebagai bagian dari perjalanan hidup para Wakil Presiden Republik Indonesia.

Museum Balai Kirti juga memiliki koleksi milik presiden, mulai dari Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdulrahman Wahid, Megawati hingga Susilo Bambang Yudhoyono. “Try Sutrisno menjadi Wakil Presiden pertama yang menyerahkan koleksi miliknya ke Museum Balai Kirti,” ucap Firda.

Sebagai informasi, Museum Kepresidenan Balai Kirti berfungsi sebagai wahana rekreasi dan edukasi yang menampilkan memorabilia serta visual dari para Presiden Indonesia dan Wakil Presiden sehingga pengunjung bisa menghayati, mengapresiasi, dan meneladani jejak langkah serta prestasi yang dicapai masing-masing Presiden Republik Indonesia selama masa baktinya. (Tri Wahyuni)