Nelayan Pesisir Jabar Deklarasi Dukung Ganjar Presiden

0

JAKARTA (Suara Karya): Relawan nelayan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat, melakukan deklarasi dukungan ‘Ganjar Presiden 2024’ di Kampung Pondok Dua, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi pada Rabu (14/12/2022).

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat, Andi Putra mengatakan, deklarasi itu diikuti 1.000 peserta yang terdiri dari para nelayan di sekitar Pantai Harapan Jaya, Kabupaten Bekasi. Mereka menyatukan dukungan untuk Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Andi menjelaskan, dukungan para nelayan kepada Ganjar dilatarbelakangi oleh kerja nyata dan komitmen Ganjar untuk menyejahterakan masyarakat kelas bawah, termasuk nelayan-nelayan kecil yang selama ini kurang tersentuh bantuan.

“Dari sisi kemanusiaannya, Pak Ganjar itu lebih respek terhadap daerah-daerah pesisir. Setahu saya, Pak Ganjar pun di wilayah pesisi telah melakukan banyak perubahan sehingga banyak memotivasi kita nelayan pesisir untuk mendukung Pak Ganjar,” ujar Andi.

Dalam kepemimpinannya di Jawa Tengah, Ganjar memiliki sejumlah terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan. Antara lain melalui program Asuransi Nelayan atau Asnel untuk membantu perekonomian nelayan saat pandemi Covid-19 melanda.

Ganjar juga telah menyalurkan bantuan sosial tunai dan bantuan sosial BBM subsidi jenis solar, menggunakan APBD 2022 untuk 34.375 nelayan di Jawa Tengah dengan total nilai bantuan senilai Rp4,7 miliar.

Atas perhatian Ganjar kepada nelayan itu, Andi berharap, kehidupan nelayan di Indonesia bisa meningkat saat Ganjar terpilih menjadi Presiden 2024 mendatang. Andi optimis, akses pendidikan untuk anak-anak nelayan dan infrastruktur di pesisir juga lebih diperhatikan oleh Ganjar Pranowo.

“Karena fokusnya Pak Ganjar dalam membangun daerah pesisir, kami berharap beliau mampu memberikan perkembangan terhadap daerah-daerah pesisir. Misalnya dari sisi akses, sisi pendidikan dan secara umum dari segi infrastrukturnya ya dan juga fasilitas nelayan itu sendiri,” jelas Andi.

Mardani, salah satu nelayan pesisir Pantai Harapan Jaya mengungkapkan antusiasmenya saat mengikuti deklarasi dukungan ke Ganjar. Ia pun menyampaikan aspirasinya untuk Ganjar jika terpilih menjadi Presiden 2024 kelak, bahwasannya para nelayan menaruh banyak harapan kepada Ganjar terkait keberlangsungan wilayah pesisir.

Diketahui, Ganjar telah mengupayakan kontinuitas wilayah pesisir di Jawa Tengah untuk jangka panjang dengan menggalakkan penanaman tanaman penahan air laut. Tujuannya, agar rutinitas dan mata pencaharian para nelayan tak terganggu.

Atas dasar itu, Mardani bersama para nelayan lainnya pun tak ragu untuk ikut menyuarakan Ganjar Pranowo Presiden 2024. Ia berharap tak hanya keberlangsungan kehidupan pesisir saja yang terjamin, destinasi wisata wilayah pesisir juga ikut terangkat saat Ganjar memimpin Indonesia kelak.

“Khusus untuk Pak Ganjar, calon Presiden 2024 harapan kami Pak Ganjar bisa datang ke sini untuk menjadikan destinasi wisata kita. Mudah-mudahan dengan kedatangan beliau ke sini bisa membantu kami mengembangkan potensi wisata kami ini,” ungkap Mardani. (Warso)