Nelayan Pesisir Jakarta Dukung Ganjar Presiden 2024

0

JAKARTA (Suara Karya): Dukungan untuk Ganjar Pranowo terus mengalir dari berbagai penjuru daerah. Kali ini, tak kurang dari 300 nelayan kecil di pesisir utara Ibu Kota DKI Jakarta melakukan deklarasi ‘Ganjar Pranowo Presiden 2024’ pada Kamis (8/12/2022).

Para nelayan yang menyatakan deklarasi untuk Ganjar itu berjejaring dalam Komunitas Nelayan Pesisir DKI Jakarta dan berasal dari kelompok nelayan, pedagang ikan serta warga. Sejak pagi, mereka berkumpul di Kampung Waserda RT 04 RW 09, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing untuk menyatukan suara dukungannya ke Ganjar Pranowo.

Ketua Komunitas Nelayan Pesisir DKI Jakarta, Misbah mengungkapkan alasannya mendukung Ganjar dilatarbelakangi oleh adanya program asuransi yang diperuntukkan bagi nelayan kecil di Jawa Tengah. Dia berharap, program itu bisa direplikasi di seluruh daerah dengan terpilihnya Ganjar menjadi Presiden 2024.

“Pak Ganjar Pranowo dari yang kita tahu itu begitu memperhatikan rakyat kecil seperti kita. Contohnya di Jawa Tengah itu beliau punya program asuransi untuk nelayan kecil dan itu sangat amat bagus untuk kesejahteraan nelayan ke depannya,” kata Misbah usai deklarasi.

Program asurasi nelayan (Asnel) yang digencarkan Ganjar Pranowo terbukti mampu menyejahterakan nelayan. Tercatat, sejak pengguliran program itu dan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sejak 2016 hingga 2022, total sudah 151.457 orang nelayan kecil terjamin asuransi.

Atas kepeduliannya terhadap masyarakat itu, Ganjar pun selalu mendapat tempat khusus di hati masyarakat. Hal itu juga diperkuat dengan sosok Ganjar yang bersahaja, sederhana dan hampir tak memiliki sekat saat bertemu dan terjun langsung ke masyarakat.

Dengan demikian, semakin banyak masyarakat, termasuk nelayan pesisir yang menginginkan Ganjar menjadi Presiden 2024 mendatang. Sehingga program-program serta kebijakannya bisa direplikasi menjadi program nasional.

“Kami para nelayan berharap nelayan kecil seperti kami ini bisa lebih diperhatikan lagi melalui program-program yang dikhususkan untuk para nelayan,” kata Misbah.

“Semoga ke depannya Pak Ganjar bisa terpilih menjadi Presiden 2024 dan membuat kehidupan kami para nelayan menjadi lebih baik lagi. Kami yakin Pak Ganjar bisa memimpin Indonesia dengan lebih baik dari pemimpin-pemimpin sebelumnya,” ujarnya.

Salah satu nelayan bernama Agusman mengaku senang bisa ikut serta mendeklarasikan dukungannya untuk Ganjar. Ia pun mengharapkan, Ganjar bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi kesejahteraan para nelayan.

“Deklarasi hari ini saya dukung sekali ya karena sebagai perkenalan kami kepada sosok Bapak Ganjar Pranowo untuk memperhatikan para nelayan di pesisir,” kata Agusman.

Dia menambahkan, Ganjar adalah contoh figur pemimpin yang telah berhasil membawa kemajuan bagi daerah yang dipimpinnya, sehingga Ganjar dinilai paling layak untuk menjadi Presiden 2024.

“Kami tentu berharap Pak Ganjar bisa terpilih menjadi Presiden karena beliau jiwa nasionalisnya sangat tinggi. Program-program beliau juga banyak yang menyejahterakan masyarakat, termasuk nelayan seperti kami ini,” kata Agusman. (Bobby MZ)