Nobar Piala Dunia Bersama Generasi Milenial

0
(Foto: Warso)

JAKARTA (Suara Karya) : Upaya  meningkatkan kreatifitas para pemuda, Kemenpora yang bekerjasama dengan PT Pegadaian akan menggelar Nonton Bareng (Nobar) Piala Dunia dan Asian Games. Dalam Nobar para pemuda diperkenalkan  beragam teknologi dan informasi yang bertajuk Literasi Generasi Muda Milenial. 

“Tantangan dunia di era banjir informasi seperti saat ini, membuat pemuda harus mendapatkan pendampingan dengan cara yang tepat dalam “menikmati” canggihnya teknologi dan informasi. Ini menjadi salah satu cara kita mengawal potensi pemuda zaman now yang sangat besar dan beragam,” ujar Menpora saat meluncurkan program Literasi Generasi Muda Milenial di Jakarta, Senin (14/5).

Lebih jauh Menpora berharap program yang diluncurkan ini akan semakin mendekatkan Kemenpora dengan para stakeholdernya dalam hal ini generasi muda milenial.

Program Literasi Generasi Muda Milenaial yang digelar sebelum Nobar  merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi  Pengembangan Pemuda dengan PT. Pegadaian (Persero), dan akan dilaksanakan di 15 titik yaitu: Jakarta, Tangerang, Palembang, Depok, Sumedang, Pekanbaru, Makassar, Semarang, Kudus, Aceh, Manado, Kediri, Surabaya, Pontianak, Madura, dan Bali.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Asrorun Niam Sholeh menjelaskan sejumlah agenda yang dilakukan dalam program ini meliputi Pengembangan Kewirausahaan Pemuda, Pengembangan Kepramukaan, Pemantapan Organisasi Kepemudaan, Literasi Keuangan bagi Generasi Muda Milenial, serta Literasi Pemanfaatan Media Sosial dan Inovasi serta Diskusi Milenia.

“Untuk memanfaatkan momentum Piala Dunia 2018, kegiatan Literasi Generasi Muda Milenial ini disertai dengan Nonton Bareng Piala Dunia 2018 yang melibatkan komunitas pemuda dari setiap titik yang ada. Sebelum nonton bareng, ada kegiatan pelatihan dan coaching bagi pemuda,’’ jelasnya.

Ia berharap program ini mendapat tempat di hati Kaum Muda Milenial sehingga upaya Kemenpora yang menggandeng PT. Pegadaian (Persero) yang memiliki jaringan luas dan tersebar di banyak kota di Indonesia selaras dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo yang menyatakan negara hadir bagi semua kalangan khususnya anak muda.

Peluncuran Program Literasi Milenial ini dimeriahkan dengan penampilan dan kreasi musik dan tari dari pelajar dan pemuda binaan Kemenpora, dan komunitas anak-anak muda kreatif lainnya, sementara, diantara tamu-tamu yang hadir antara lain: Pejabat Eselon 1 dan 2 di Lingkungan Kemenpora serta jajaran direksi dan staf PT. Pegadaian (Persero)

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah organisasi Kepelajaran, Kemahasiswaan, dan Kepemudaan seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), GP. Ansor, PP BKPRMI dan organisasi-organisasi kepemudaan lainnya. (Warso)