Norwegia Mulai Hidup Normal, Pembatasan COVID Dicabut

0
Seorang warga dengan memakai masker membawa kantong belanja di sebuah jalan di Oslo, Norwegia, Jumat (13/3/2020), di tengah mewabahnya virus COVID-19. (ANTARA FOTO/NTB Scanpix/Hakon Mosvold Larsen via REUTERS/AWW/djo.)

OSLO (Suara Karya): Norwegia mulai Sabtu (25/9) mengembalikan kehidupan normal masyarakat, kata pemerintah pada Jumat, setelah selama ini warga mengalami pembatasan interaksi dan kegiatan usaha juga terseok-seok.

Dengan demikian, pembatasan-pembatasan yang selama ini diberlakukan untuk menangani pandemi COVID-19 akan dicabut.

“Sudah 561 hari sejak kita menerapkan langkah-langkah paling ketat di Norwegia pada masa damai… Sekarang sudah saatnya kembali ke kehidupan normal sehari-hari,” kata Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg pada konferensi pers.

Larangan-larangan yang sebelumnya diberlakukan akan berakhir pada Sabtu pukul 16.00 waktu setempat.

Karena pembatasan sosial dicabut, tempat-tempat kegiatan budaya dan olahraga sudah bisa beroperasi dengan kapasitas penuh.

Para pengunjung restoran juga sudah boleh mengisi semua kursi yang ada.

Selain itu, kelab-kelab malam diperbolehkan buka kembali.

Soldberg sejauh ini telah menjalankan tiga tahap pertama dari rencana empat-tahap menyangkut pencabutan pembatasan sosial dan ekonomi, yang diterapkan sejak Maret tahun lalu.

Namun, pelaksanaan tahap terakhir sudah beberapa kali ditunda karena ada kekhawatiran soal tingkat infeksi COVID-19.

“Singkat kata, sekarang kita sudah bisa hidup normal,” kata Solberg.

Sekitar 76 persen dari seluruh penduduk Norwegia sudah mendapat sedikitnya satu dosis vaksin COVID-19 dan 67 persen penduduk sudah divaksin dengan dosis penuh, menurut Lembaga Kesehatan Masyarakat.

“Saya ingin menyampaikan: terima kasih banyak Norwegia,” kata Solberg, dilansir dari laman antaranews.com. (Rizal Cahyono)