OSC Medcom Umumkan 440 Pemenang Kompetisi Beasiswa S1 dan S2

0
CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata. (suarakarya.co.id/istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Kompetisi beasiswa ‘Online Scholarship Competition (OSC)’ yang digawangi Medcom.id akan mengumumkan nama 440 pemenang untuk jenjang sarjana (S1) dan pascasarjana (S2). Mereka berhasil lolos rangkaian seleksi ketat sepanjang Agustus-November 2020.

“Nama pemenang OSC diumumkan pada Awarding Night OSC yang digelar luring terbatas di Studio Grand Metro TV dan daring pada malam ini,” kata CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata dalam siaran pers, Jumat (29/1/21).

Kania mengaku bangga karena kompetisi OSC mampu bertahan hingga tahun ke-6. Bahkan, tahun ini OSC juga diberikan untuk jenjang pascasarjana yang tersedia di 19 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pemberi beasiswa.

“Melalui OSC peserta bisa mengikuti seleksi beasiswa dari mana saja, asal terkoneksi jaringan internet. Mereka dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi impian lewat program beasiswa yang terseua,” kata Kania.

Ditambahkan, rangkaian kegiatan OSC tahun ini digelar daring secara penuh menyikapi pandemi covid-19 untuk menekan angka penyebaran sekaligus mengadaptasi kebiasaan baru. Kegiatan dilakukan mulai dari peluncuran, pendaftaran, seleksi berkas, ujian tulis, wawancara hingga pengumuman.

Sebagai informasi, OSC adalah kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia. OSC sangat dinanti seluruh pelajar di Tanah Air sejak diluncurkan pada 2015. Hingga kini tercatat lebih dari 220 ribu peserta OSC. Dari jumlah itu, diterima sebanyak 1.270 peserta.

“Meski pandemi masih menyelimuti negeri, tak menyurutkan semangat Medcom.id bersama PTS penyedia beasiswa. Selain dukungan dari Citilink Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sharp Indonesia dan Bimbingan Belajar Smart untuk terus meningkatkan jumlah kuota beasiswa,” ujarnya.

Penerima beasiswa OSC bertambah dari tahun ke tahun. Saat diluncurkan pada 2015, jumlah penerima beasiswa 50 orang. Jumlah itu bertambah secara signifikan pada 2016 menjadi 200 orang pada 2016. Tahun berikutnya, penerima beasiswa bertambah menjadi 240.

“Pada 2018 menjadi 360 lalu bertambah menjadi 420 orang 2019. Dan puncaknya pada 2020 menjadi 440 orang penerima untuk jenjang S1 dan S2 denvan total dana hingga Rp40 miliar,” tutur Kania.

Hal senada dikemukakan CEO Media Group, Mirdal Akib. Katanya, perjalanan OSC hingga tahun ke-6 telah melewati banyak tantangan dan rintangan. Terlebih di tahun ini, seluruh dunia dihadapkan pada krisis global pandemi covid19.

“Hampir segala lini kehidupan terkena dampak yang cukup signifikan baik mulai dari sektor ekonomi, sosial, budaya hingga pendidikan,” kata Mirdal.

Namun kondisi ini, lanjut Mirdal, tak membuat kontribusi berhenti. Media Group melalui Surya Edukasi Bangsa Foundation (SEBAF) membuat lompatan besar untuk Indonesia lewat program OSC yang digawangi Medcom.id dan didukung 19 PTS terbaik yang tersebar di 8 kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Makassar dan Bali.

Tidak hanya itu, lanjut Mirdal, SEBAF juga memberi dana bantuan Pendidikan kepada 30 anak berprestasi dari berbagai PTS di OSC selama 2 semester. Bantuan tersebut akan dilanjutkan tahun ini untuk pemenang tahun ini serta pemenang dengan kategori kurang mampu pada awal tahun ajaran baru.

“Hal ini dilakukan untuk memastikan, tidak ada lagi pemenang OSC yang tak jadi kuliah karena terhalang biaya,” katanya. (Tri Wahyuni)