Pada 6-8 Mei, Aturan ‘One Way’ Diterapkan di Sepanjang Jalur Pantura

0

JAKARTA (Suara Karya): Guna menekan kemacetan yang terjadi di sepanjang jalur pantura (pantai utara) jawa saat arus balik lebaran pada 6-8 Mei, pemerintah menerapkan aturan ‘one way’. Untuk itu, pemudik diimbau untuk tertib terhadap peraturan yang berlaku.

“Kami imbau para pemudik untuk taat aturan, mengikuti pola rekayasa dan melaksanakan instruksi petugas di lapangan agar tidak terjadi kemacetan yang parah,” kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat meninjau dari tol Setono, Pekalongan, Jumat (6/5/22).

Dalam kesempatan itu, Muhadjir didampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Kunjungan Menko PMK di Pekalongan untuk melihat pergerakan arus balik lebaran di sepanjang jalur Pantura. “Alhamdulillah, arus balik terlihat lancar. Karena mulai hari ini diterapkan aturan ‘one way’ untuk arus balik,” ujarnya.

Muhadjir berharap masyarakat kembali ke rumah masing-masing tidak perlu menunggu puncak arus mudik. Sehingga perjalanan terasa lebih nyaman karena tidak terjebak dalam kemacetan panjang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, dalam penerapan one way nanti, para Kapolres dan pemilik kewenangan harus merespon dan bertindak sesuai arahan Kakorlantas.

“Karena pada saat ‘one way’ itu, kemungkinan load-nyan akan luar biasa. Karena itu pemudik dari Pekalongan ini tidak boleh masuk jalan tol. Atau sebaliknya, bila jalan one way di jalan tol itu padat karena suatu hal, maka mereka yang ikut dalam one way harus dikeluarkan ke beberapa kota di sekitar one way, misalkan Pekalongan,” tuturnya.

Karena itu, Budi Karya Sumadi, meminta sosialisasi segera disampaikan ke Walikota, Dandim dan Kapolres di masing-masing Kabupaten/Kota yang ada di jalur Pantura, agar masyarakat sadar bahwa ada tindakan yang akan dilakukan secara force majeure, jika sesuatu terjadi.

“Mudah-mudahan kemungkinan itu tidak terjadi, sehingga keluar masuk tol di Pekalongan bisa berjalan lancar. Koordinasi antara Kakorlantas Kapolda dan Kapolres berjalan baik. Jadi cara bertindak yang ditetapkan Kapolri itu diketahui oleh kota-kota disepanjang jalan tol,” ucapnya.

Jika menghadapi kendala dalam perjalanan balik, Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk tidak segan-segan meminta bantuan ke pos pengamanan atau pos pelayanan dari kepolisian.

Usai meninjau pos pemantauan di Exit Tol Setono jalur Pantura Pekalongan, Menko PMK bersama Menhub langsung menuju stasiun kereta di Pekalongan untuk melanjutkan perjalanan ke Semarang Tawang. Disana, Menko akan melihat kondisi arus balik penumpang kereta Matarmaja jurusan Malang-Jakarta.

Seperti diinfokan, aturan ‘one way’ arus balik 365 KM dari GT Kalikangkung ke KM 47 resmi diberlakukan mulai pukul 14.00 WIB pada Jumat (6/5/22) siang.
Aturan tersebut diberlakukan hingga Minggu (8/5/22). (Tri Wahyuni)