PANDEMI COVID-19
Pakar Nutrisi: Asupan Gizi Seimbang Perkuat Imunitas Tubuh

0
(suarakarya.co.id/Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Pakar nutrisi yang juga merupakan Dosen Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Rimbawan mengatakan ada beberapa rekomendasi asupan nutrisi selama tatanan kehidupan baru, diantaranya mencukupi semua kebutuhan zat gizi untuk menjaga agar sistem imun tetap terjaga dengan baik.

Menurut Rimbawan, selama masa pandemi Covid-19 ini mengajarkan kita pentingnya menerapkan pedoman gizi seimbang dan 10 pesan gizi seimbang. Selain itu, perlu diperhatikan prinsip gizi seimbang yang tetap harus dijalankan antara lain memperhatikan keaneka-ragaman makanan, tetap beraktivitas fisik, selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan menjaga berat badan ideal.

Pada kesempatan yang sama, General Manajer Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi, mengajak masyarakat untuk hidup aktif dan sehat. Selain itu, dirinya juga menegaskan bahwa sistem kekebalan tubuh atau sistem imun juga sangat berkorelasi erat dengan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan tubuh.

“Dalam menjalani tatanan kehidupan baru di tengah pandemi covid-19, masyarakat menjalankan aktifitas sehari-hari namun tetap mengacu kepada perubahan budaya,” kata Dewi dalam Virtual Nutrition Talk, Rabu (24/6/2020).

Menurutnya, sistem kekebalan tubuh atau sistem imun juga sangat berkorelasi erat dengan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan tubuh. Jika menginginkan tubuh yang sehat, berarti harus menjaga pola makan yang sehat. Makanan yang sehat akan meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan penyakit.

Sementara itu, Nutritionist Herbalife Nutrition Indonesia Aria Novitasari mengatakan ada hubungan nyata antara sistem kekebalan tubuh dan nutrisi.

“Apa yang kita makan, di mana kita hidup, seberapa banyak kita tidur, bagaimana kita berolahraga, dan bahkan dengan siapa kita hidup, semua menyebabkan reaksi kimia yang dapat mengubah status kesehatan kita. Yang perlu ditambahkan adalah microbiome di tubuh kita, yang merupakan mikroorganisme yang dapat andalkan untuk melindungi dari kuman, memecah makanan untuk energi, menghasilkan vitamin penting dan mendukung sistem kekebalan tubuh kita.” ungkapnya.

Dia mengatakan, menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah salah satu kunci untuk menjaga sistem imun kita tetap optimal. Mengkonsumsi makanan seimbang harus juga memperhatikan asupan nutrisi yang dapat diserap optimal oleh sel tubuh. (Andara Yuni)