Pameran Karya Usmar Ismail dalam Sinema Indonesia Digelar di Kemang!

0

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) menggelar pameran bertajuk ‘Boeng Usmar Ismail dalam Sinema Indonesia’ di tempat nonkrong yang cukup hits di kalangan muda Jakarta, yaitu Dia.Loe.Gue Artspace, Kemang.

Pameran yang akan berlangsung hingga 28 April 2022 itu memperlihatkan
artefak peninggalan karya Usmar Ismail dalam bentuk digital maupun fisik. Koleksi naskah film, skenario asli, poster film, foto-foto adegan film hingga foto keluarga H Usmar Ismail ditampilkan secara elegan.

Pameran dibuka Direktur Perfilman, Musik dan Media, Kemdikbudristek, Ahmad Mahendra secara simbolis dengan menggunakan ‘clapper’ sutradara seperti saat shooting film, di Jakarta, pada Senin (28/3/22).

Hadir dalam kesempatan itu, keluarga besar H Usmar Ismail dan kurator pameran, Engel Tanzil.

Ahmad Mahendra menjelaskan, pameran karya Usmar Ismail merupakan bagian dari peringatan Hari Film Nasional ke-72 yang jatuh pada 30 Maret. Peringatan tersebut bertema ‘Jejak Pahlawan Kebudayaan, Usmar Ismail’.

“Hari Film Nasional tahun ini merupakan selebrasi atas gelar Pahlawan Nasional yang diberikan kepada Bapak Perfilman Nasional, Usmar Ismail pada November 2021 lalu,” ucapnya.

Mahendra menambahkan, pameran tersebut terselenggara berkat dukungan ‘Usmar Ismail Cinema Society’. Komunitas itu membuat lini-masa kehidupan Usmar Ismail dari lahir hingga wafat beserta sejarah perfilman di masa hidupnya.

Selain koleksi keluarga yang ditampilkan, terlihat koleksi artefak dari Omah Otara seperti buku puisi karya Usmar Ismail, flyer film hingga gramafon yang memperdengarkan lagu asli dari film H Usmar Ismail.

Koleksi artefak dari Museum Penerangan memperlihatkan proyektor film setinggi hampir 2 meter beserta patung H.Usmar Ismail untuk dapat dinikmati pengunjung yang hadir.

Dalam pameran terlihat dengan gamblang sosok Usmar Ismail dalam berkarya, mulai dari pelajar di zaman Hindia-Belanda hingga menjadi seorang produser, sutradara, pemain film dan sebagai seorang suami dan ayah yang baik.

“Semua itu disajikan melalui catatan, arsip, serta foto-foto yang belum
pernah ditampilkan sebelumnya,” katanya.

Selain pameran, lanjut Mahendra, kegiatan Hari Film Nasional lainnya adalah Pekan Film Usmar Ismail, yaitu pemasangan film karya Usmar Ismail yang telah direstorasi di bioskop XXI Metropole pada 29 Maret-2 April 2022, serta dialog tokoh film.

“Puncak Hari Film Nasional 2022 akan dilakukan pada Rabu (30/3/22) bertepatan dengan peluncuran buku biografi H Usmar Ismail,” kata Mahendra menandaskan.

Putra sulung dari Usmar Ismail, yaitu Nureddin Ismail memberi apresiasi kepada Kemdikbudristek dan Usmar Ismail Film Community atas kegiatan yang memberi ruang bagi generasi muda untuk mengenal Usmar Ismail yang berkontribusi dalam pembangunan film nasional di Indonesia.

Tentang Usmar Ismail Cinema Society, Nureddin menjelaskan, perkumpulan yang diinisasi Keluarga almarhum H Usmar Ismail bertujuan untuk silahturahmi, sharing informasi antar insan film, pelaku dan pekerja seni, budaya dan jurnalistik. Sehingga karya Usmar Ismail terus terjaga, selain meneruskan semangat dan ideologi dunia perfilman ke generasi Indonesia masa depan. (Tri Wahyuni)