Pandemi Covid-19, Bulog Jamin Ketersediaan Pangan

0
(suarakarya.co.id/Istimewa)

JAKARTA (Suara Karya): Perum Bulog memastikan mampu mengatasi kebutuhan lonjakan pangan yang tak terduga, baik itu dalam kasus pandemi Covid-19, maupun pemenuhan kebutuhan saat Ramadhan dan Idul Fitri. Dengan demikian, masyarakat diminta tidak perlu khawatir terkait akan kebutuhan pangan.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok beras dan kebutuhan pangan lainnya yang menjadi tanggung jawab Bulog untuk bisa selalu tersedia di masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, Bulog menjamin kebutuhan beras dan pangan lainnya tersedia di masyarakat walau ada lonjakan permintaan yang tiba-tiba,” kata Buwas kepada wartawan di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Dikatakan Buwas, pihaknya akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian pangan, baik itu di tingkat pusat maupun daerah.

Selain itu lanjut dia, Bulog juga memastikan seluruh jaringan yang melakukan kerja sama sudah menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal baik secara online maupun offline, juga outlet-outlet milik Bulog seperti RPK (Rumah Pangan Kita) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta jaringan retail modern yang ada.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Iqbal Awaludin mengatakan, guna tetap menjaga social distancing dan physical distancing, pihaknya sudah memiliki sistem penjualan secara online melalui iPANGANANDOTCOM. Ini diyakini yang akan memberikan kemudahan dalam pembelian kebutuhan pangan yang dibutuhkan masyarakat.

Dikatakan Iqbal, pembelanjaan masyarakat melalui iPANGANANDOTCOM, mengalami peningkatan yang signifikan yakni sekitar 50 persen lebih banyak dibandingkan dengan transaksi sebelum adanya imbauan dari pemerintah untuk melakukan social distancing dan physical distancing.

Menurutnya, iPANGANANDOTCOM sudah bisa digunakan masyarakat di tujuh kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogja, Makassar dan Medan melalui aplikasi Shopee (https://shopee.co.id/ipanganandotcom). Selain menyediakan beras, iPANGANANDOTCOM juga menyediakan beberapa kebutuhan pangan lainnya termasuk gula.

Untuk diketahui, khusus komoditi pangan utama seperti beras, Bulog memiliki stok yang tersimpan di gudang-gudang Bulog seluruh Indonesia dengan total stok mencapai 1,4 juta ton dari total kapasitas gudang yang tersedia sebesar 3,8 juta ton. Ketersediaan stok beras akan terus bertambah mengingat akan memasuki musim panen raya sehingga pasokan beras betul-betul aman tersedia bagi kebutuhan masyarakat dalam situasi apapun. (Pramuji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here