Partai Hidup Mati Penentuan ke Final Four Proliga 2022

0

JAKARTA (Suara Karya) : Partai hidup mati antara Jakarta Elektrik PLN (JEP) dan Jakarta Mandiri Popsivo Polwan (JMP), akan terjadi dalam Proliga 2022, Sabtu (5/3/2022) jam 14.00 di GOR Kawah Candradimuka Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor.

Pasalnya, partai itu akan menentukan satu tempat lagi di bagian putri untuk lolos ke babak empat besar atau final four. Tiga tim putri yang sudah memastikan langkah ke final four adalah Jakarta Pertamina Fastron, Bandung Bank bjb Tandamata, dan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia.

JMP memiliki peluang lebih bagus ketimbang JEP. Tim milik Polwan itu sudah mengoleksi dua kemenangan. Sementara JEP baru sekali menang. Selain itu pula, JMP memiliki nilai enam, sedang JEP empat.

Jika JEP ingin lolos final four harus memetik kemenangan dengan skor 3-0 atau 3-1. Sementara JMP hanya butuh dua set saja untuk lolos final four.

“Kita akan tampil habis-habisan untuk mengamankan langkah ke final four. Memang berat. Tapi kita sudah instruksikan anak-anak untuk main ngotot,” ujar Ofisial JEP, Bambang Sutanto di Jakarta, kemarin.

Manajer JMP, AKBP. Donni Eka Syaputra mengharapkan tim asuhan Chamnan Dokmai ini bisa tampil maksimal menghadapi JEP. “Karena ini pertandingan menentukan, anak-anak harus fokus dan tidak lengah,” tukas Donny.

Setidaknya, lanjut Donny, Amalia Fajrina dkk. bisa meraih dua set di awal agar sudah bisa dipastikan lolos final four. “Dengan sudah mendapat dua set di awal kita sudah aman ke final four,” tandasnya.

Saa ini, menurut manajer JMP itu, kondisi para pemain sudah dalam keadaan fit. “Tidak seperti lawan Petrokimia tiga pemain inti kami baru sembuh. Sekarang sudah fit semua dan berharap bisa fokus dan tampil maksimal,” ucapnya.

Laga putri lainnya, antara Bandung Bank bjb Tandamata dan Jakarta Pertamina Fastron (JPF), Jumat (4/3/2022). Kedua tim akan memperebutkan juara putaran kedua. Apakah mampu JPF mempertahankan rekor tak terkalahkan hingga seri kedelapan pekan ini? Atau Bank bjb mampu mamecahkan rekor tak terkalahkan dari JPF?

Manajer tim JPF, Widi Triyoso mengungkapkan kalau tim besutan Octavian itu akan tampil low-profile. “Kita sudah memastikan ke final four. Pertandingan terakhir di putaran kedua ini menang syukur kalah juga tidak masalah, karena kita sudah tidak terkejar di klasemen,” ujar Widi.

Akan tetapi, sambung Widi, kalau memang bisa menang, JPF akan menjadi juara putaran kedua dan belum terkalahkan di babak reguler.

Yang penting, papar Widi, Megawati dkk. dalam keadaan kondisi kesehatan yang prima. “Harapan kita anak-anak sehat dan tidak cedera,” tutur Widi.

Sementara itu, pelatih Bank bjb, Alim Suseno mengkhawatirkan kondisi anak asuhnya yang baru sembuh dari terpapar covid-19. “Anak-anak baru lengkap berlatih hari Senin (28/2/2022) kemarin. Jadi agak sulit kondisinya,” ujar Alim saat dihubungi dalam perjalanan dari Bandung menuju Bogor, Rabu (2/3/2022).

Namun demikian, Alim tak ingin menyerah begitu saja. Apapun Wintang Dyah Kumala Sakti dkk. tak ingin menyerah begitu saja. “Kita tetap usahakan bermain maksimal,” tutur Alim.

Selain melawan JPF, Bank bjb juga akan menghadapi Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Minggu (6/3/2022). Jika menang menghadapi JPF dan kemudian unggul atas Petrokimia, maka Bank bjb juara putaran kedua dan belum terkalahkan di putaran kedua.

Di bagian putra juga akan terjadi pertarungan seru. Pemuncak klasemen Jakarta Pertamina Pertamax (JPX) akan bertemu dengan juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator (SBS), Sabtu (5/3/2022).

Pemuncak klasemen sementara putaran kedua, Bogor LavAni akan menjajal Palembang Bank SumselBabel (PBS), Jumat (4/3/2022). Demikian pula Jakarta BNI 46 akan melawan PBS, Minggu (6/3/2022).(Warso)