Pasien Pengapuran Harus Diberikan ini

0

JAKARTA (Suara Karya): Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik RS. Siloam Hospitals Manado
Adelle Damapolii menjelaskan, prinsip penanganan pengapuran dan sendi OSTEOARTHRITIS (OA) ada tiga hal, yakni mengurangi beban sendi, memperkuat otot sekitar, dan memberi nutrisi pada sendi melalui penanganan dengan pemberian obat, rehabilitasi medik, dan tindakan operasi.

“Pengeroposan tulang terjadi karena berkurangnya kepadatan tulang dan hilangnya kandungan kalsium dalam tulang. Jadi, kerusakan yang terjadi berada di sendi dan bagian tulang sekitar sendi tersebut. Pengapuran tulang juga dapat terjadi karena proses penuaan”, kata Adelle Damapolii, melalui keterangan tertulisnya yang diterima suarakarya.co.id, Minggu (15/11/2020).

Lebih lanjut Adek ke mengatakan, rehabilitasi medik melalui Terapi Istirahat secukupnya, Kompres air hangat dan dingin. Apabila nyeri otot dibiarkan dan tidak ada kemauan untuk mengobati, maka berdampak. Apabila nyeri otot dibiarkan dan tidak ada kemauan untuk mengobati, maka dapat berakibat nyeri tiada henti sehingga aktifitas terganggu, lalu otot mengalami kelemahan dan kelainan. (Warso)