Patuhi Protokol Kesehatan, Kemdikbud akan Gelar Hardiknas Secara Terbatas

0
Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na'im. (SuaraKarya.co.id/ist)

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menggelar peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020 secara terpusat dan terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran corona virus disease (Covid-19).

“Kami meniadakan kegiatan upacara bendera yang biasa dilakukan satuan pendidikan, kantor Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, serta perwakilan pemerintah Republik Indonesia di luar negeri, sebagai bentuk pencegahan penyebaran covid-19,” kata Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im dalam siaran pers, Kamis (30/4/20).

Pernyataan itu tertuang dalam Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020, yang ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Nomor 42518/MPK.A/TU/2020 tertanggal 29 April 2020.

Ditambahkan, peringatan Hardiknas yang dilakukan secara terpusat dan terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diharapkan tidak mengurangi makna, semangat dan kekhidmatan acara tersebut.

Sesjen Kemdikbud Ainun Na’im juga mengimbau kepada instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk mengikuti jalannya upacara bendera secara virtual melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemdikbud RI dari rumah atau tempat tinggal masing-masing.

Kemdikbud juga mengimbau setiap satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk tidak menggelar kegiatan/aktivitas peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 yang menimbulkan kerumunan orang banyak pada suatu lokasi.

“Kita harus tetap perhatikan anjuran Presiden Joko Widodo untuk melakukan pembatasan sosial dan jaga jarak guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Ainun.

Dengan demikian, lanjut Ainun, kegiatan peringatan Hardiknas Tahun 2020 dapat dilakukan lewat beragam aktivitas kreatif yang menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19. Selain mendorong pelibatan dan partisipasi publik, serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Ainun juga mengajak insan pendidikan untuk menyaksikan peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 dengan tema ‘Belajar dari Covid-19’ di TVRI pada Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 19.00 WIB.

Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 disusun dengan memerhatikan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Coronavirus Disease 2019 dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Coronavirus Disease 2019 sebagai Bencana Nasional. (***)