PB ABTI Dilantik KONI Pusat, Zulfydar Berharap Bola Tangan Pantai Dipertandingkan di PON 2024

0

JAKARTA (Suara Kary) : Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar, S.E., M.M., berkomitmen memajukan pembinaan olahraga bola tangan mulai tingkat dasar hingga ke pentas dunia.

“Upaya memenuhi semua itu, saya berharap nomor bola tangan pantai dapat disejajarkan dengan indoor juga
dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumut tahun 2024,” tegas Zulfydar Zaidar Mochtar seusai dilantik menjadi Ketua Umum PB ABTI 2022 – 2026 oleh
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Senin (31/10/2022).

Zulfydar mengatakan, upaya melahirkan atlet handal sudah jelas acuan pertama atlet daerah bisa tampil di PON. Setelah tampil dipesta Olahraga empat tahunan itulah, atlet dipromosikan sesuai jenjangnya, mulai dari SEA Games, Asian Games dan tertinggi di Olimpiade, baik di nomor indoor maupun bola tangan pantai.

“Terobosan melakukan pembinaan berjenjang diberbagai daerah mulai dari sekolah SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi itulah menjadi senjata utama dalam memajukan prestasi bola tangan di Indonesia. Apalagi disetiap daerah tumbuh klub – klub, maka pertumbuhan atlet bola tangan nasional sesuai dengan harapan KONI Pusat dan masyarakat bola tangan di Tanah Air, “kata Zulfydar lagi.

Pada kesempatan itu Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman menghimbau, upaya memajukan prestasi bola tangan yang dipertandingkan di Olimpiade sejak tahun 1972, ada dipundak Zulfydar menuju jenjang internasional.

Apalagi pada tanggal 14 – 20 November 2022 akan menurunkan atletnya di kejuaraan bola tangan Asean di Bangkok, Thailand. Begitu juga Maret 2023 menampilkan atletnya di Asian Beach Games dan ditahun yang sama Agustus menuju World Beach Games di Bali.

Sebagai tuan rumah kejuaraan bola tangan pantai Asia dan Dunia Bola Tangan di Bali kata Marciano, dapat dijadikan pelajaran berharga, baik bagi atlet, pelatih, wasit dan jajaran pengurus PB ABTI memajukan prestasi para atletnya mencapai internasional.

“Pembinaan berjenjang baik bagi atlet, pelatih maupun wasit sangat penting dalam memajukan prestasi menuju jenjang internasional. Bahkan PB ABTI harus mulai menerapkan sertifikasi yang berjenjang pula mulai tingkat Nasional, Asean, Asia hingga dunia, “jelas Dewan Penasehat PB ABTI Zulfarshah ditempat yang sama.

Zulfarshah sebagai mantan atlet bola voli Nasional menegaskan, semua pembinaan Olahraga di Tanah Air memiliki program pembinaan yang sama dan berjenjang. Begitu juga pelatih dan wasit. Untuk itu dia berharap agar PB ABTI melakukan regenerasi pelatih dan wasit tingkat internasional.

“Dalam suatu event internasional PB ABTI harus mengirim dan menerjunkan wasitnya. Dengan harapan, mempunyai wakil, dalam memperjuangkan atlet atau tim saat tampil dalam pertandingan, “harapnya. (Warso)