Pegang Lobster Batik, Presiden Jokowi Bangga atas Tangkapan Nelayan Aruna

0

JAKARTA (Suara Karya): Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat bangga saat memegang lobster hasil tangkapan nelayan Aruna. Lobster itu, bahkan diangkat tinggi untuk ditunjukkan kepada pengunjung di booth pameran mitra koperasi nelayan Samata binaan Aruna.

Start up Aruna Indonesia hadir sebagai tamu undangan dalam perhelatan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Pusat 2022 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada Rabu (8/6/22).

GTRA merupakan upaya pemerintah dalam percepatan reformasi agraria yang berdampak langsung bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat. Selain, mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 di Indonesia.

Hadir sejumlah menteri dalam acara yang dibuka Presiden Jokowi, yaitu Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno; dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Wahyu Sakti Trenggono.

Co-Founder & Chief Sustainability Officer (CSO) Aruna, Utari octavianty mengaku senang atas kunjungan Presiden Jokowi ke booth Aruna. “Kami sempat berdialog dengan Presiden tentang komoditi tangkapan nelayan Aruna, salah satunya lobster batik,” ujarnya.

Ditambahkan, lobster yang ditangkap langsung oleh nelayan lokal di Wakatobi merupakan komoditas laut yang akan diekspor ke-8 negara tujuan,” tuturnya.

Lewat kegiatan itu, Utari menyatakan, komitmen Aruna untuk terus terlibat dalam revolusi ekosistem kelautan Indonesia yang berlelanjutan.

“Hal itu sesuai misi 30 tahun Aruna, yakni membawa Indonesia menjadi pusat ekonomi dunia di bidang maritim pada 2045,” kata Utari menandaskan. (Tri Wahyuni)