Suara Karya

Pelajar Mencoba Membawakan Berita di Stand ATVI pada Pameran Pendidikan Internasional IIETE 2023

Seorang pelajar memegang mike dan mencoba menjadi pembawa berita di stand ATVI. (Ist) 

JAKARTA (Suara Karya): Salah satu kampus yang mendapat perhatian pelajar di ajang pameran IIETE 2023 adalah Akademi Televisi Indonesia (ATVI). Banyak pelajar yang ingin tahu dunia broadcast dan juga dunia digital, bahkan di dalam stan pameran, mereka ingin mencoba sebagai penyiar.

Pimpinan ATVI, Melitina Tecoalu mengatakan, IIETE 2023 merupakan ajang yang sangat baik, bukan saja bagi perguruan tinggi negeri dan swasta, dan perwakilan perguruan tinggi luar negeri, tapi terutama buat adik-adik pelajar SMA maupun SMK yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

“Saya melihat di arena pameran, semua peserta menampilkan keunggulan masing-masing. Pengunjung bisa melihat, bertanya, dan berinteraksi dengan wakil perguruan tinggi di setiap gerai/stand,” kata Melitina di arena pameran, Hall B, JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (16/02/2023).

Akademi Televisi Indonesia (ATVI) lanjut Melitina, juga tampil dengan keunggulan dan keunikan sebagai perguruan tinggi berbasis broadcast dan digital. Pelajar bahkan bisa mencoba peralatan yang ada di gerai seperti teleprompter yang biasa membantu presenter atau pembaca berita di televisi.

“Tampak para pelajar mencoba menjadi presenter dan membacakan naskah berita. Ini merupakan pengalaman unik mereka hadir di gerai ATVI. Karena itu saya mengimbau para pelajar dan juga orang tua untuk datang ke arena IIETE 2023 ini,” ajak Melitina.

Melitina mengatakan, ATVI tengah membangun gedung kampus baru yang lebih representative untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dan bersaing di era penuh kompetitif ini.

Strategis bagi Calon Mahasiswa

Sementara itu, dalam acara pembukaan, Koordinator Umum, Kerja Sama, dan Humas Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Yayat Hendrayana, mewakili Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Prof. Ir. Nizam, M.Sc saat membuka secara resmi IIETE 2023 di JCC, Jakarta, Kamis, (16/02/2023).

Yayat menyatakan, pameran ini sangat strategis bagi calonmahasiswa,mengingat banyak sekali informasi yang disuguhkan di pameran ini.

Memang, ketika acara pembukaan berlangsung, sudah banyak pelajar dari berbagai sekolah yang datang mengunjungi pameran ini dan mereka terlihat serius mencari informasi di stand-stand pameran.

Acara pembukaan yang dihadiri juga oleh Deputy Chief of Mission, Kedubes Rusia di Jakarta, Veronika Novoseltseva, Ph.D ini, Yayat Hendrayana menjelaskan, IIETE menghadirkan sebanyak 80 exhibitor dari PTN, PTS favorit dari Indonesia dan mancanegara, lembaga kursus, digital education, industri penunjang pendidikan dan lembaga pendidikan dari dalam dan luar negeri.

Pameran untuk ke-31 kalinya ini, akan berlangsung 16-19 Februari 2023. Banyak kampus favorit yang hadir diantaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Surabaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Bina Nusantara, Universitas Kristen Krida Wacana, Universitas Terbuka, Akademi Televisi Indonesia (ATVI) dan banyak lagi.

Adapun kampus luar negeri yang hadir yaitu Malaysia (Kuala Lumpur International Education Consortium (KLIEC), Austria (University of Applied Sciences Upper Austria), Australia (Alliance College, Milcom Institute, Crown Institute of Higher Education/ Crown Institute of Business & Technology ), Rusia (Kazan Federal University), dan Turki (Ozyegin University, Studyfans, Bahcesehir University, Istinye University, Medipol University).

Dalam pidato pembukaan, Yayat Hendrayana menginformasikan tentang perubahan dalam proses rekrutmen atau seleksi penerimaan mahasiswa baru, namanya juga berubah. “Yang cukup signifikan tidak ada lagi tes akademik melainkan tes scholastic untuk kepentingan transformasi pendidikan,” kata Yayat. (Pram) 

Related posts