Pemerataan Ekonomi Daerah Harusnya Prioritas Ketimbang Pemindahan Ibukota

0
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah

JAKARTA (Suara Karya): Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah meminta Presiden Jokowi untuk lebih berfokus menuntaskan permasalahan di Papua ketimbang membahas pemindahan ibukota.

“Coba pikirkan yang lain lah Pak Jokowi, pikirkan Papua. Saya sudah bilang, coba meraih hati orang Papua,” kata Fahri, kepada wartawan, di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Inisiator GARBI ini pun menyampaikan ketimpangan di Papua sangatlah begitu besar. Oleh karena itu, Fahri berharap, ketimbang melakukan pemindahan ibu kota, lebih baik berfokus melakukan pembenahan di wilayah-wilayah yang mengalami ketertinggalan.

“Di wilayah Papua, khususnya Papua Tengah, itu ketimpangannya terlihat jelas. Dimana sangat menyedihkan kalau dibanding dengan wilayah-wilayah yang ada di pulau Papua lainnya,” ujar Fahri.

Politisi dari Dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) ini pun menambahkan, dengan penggunaan anggaran mencapai triliunan rupiah untuk pemindahan Ibukota, Fahri mengatakan, lebih Baik dana yang disediakan dan diberikan untuk pemekaran beberapa wilayah, salah satunya di Papua.

“Lebih baik anggaran pemindahan Ibukota dipergunakan untuk pemekaran. Hal itu bertujuan untuk menciptakan keseimbangan baru dengan memunculkan potensi-potensi ekonomi di daerah-daerah lebih meningkat,” ujarnya. (gan)