Pemerintah Beri Beasiswa Pendidikan Putra-Putri Patriot KRI Nanggala 402

0

JAKARTA (Suara Karya): Pemerintah memberi beasiswa pendidikan kepada putra-putri patriot Nanggala 402. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021).

Dalam kegiatan silaturahmi dengan keluarga awak KRI Nanggala 402 itu, Presiden RI menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya para patriot bangsa.

“Atas nama negara, pemerintah, rakyat, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas gugurnya para patriot KRI Nanggala 402. Semoga arwah mereka diterima di sisi-Nya, diberi tempat yang terbaik dan diampuni dosa-dosanya,” ujar Presiden.

Kepala Negara juga menyampaikan, putra-putri dari para awak kapal akan mendapat perhatian khusus dari negara agar bisa mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi. “Untuk putra-putri dari ibu-ibu sekalian nanti akan diatur oleh negara agar bisa sampai kuliah di perguruan tinggi,” tegas Presiden.

Pada kesempatan terpisah, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan duka cita dan komitmennya dalam mendukung pendidikan putra putri dari 53 awak KRI Nanggala yang gugur saat menjalankan tugasnya.

“Keluarga besar Kemdikbud Ristek sangat berduka cita atas wafatnya para patriot penjaga kedaulatan negara,” ujarnya.

Nadiem menambahkan, “Negara ini berhutang budi dan nyawa kepada awak KRI Nanggala 402. Membantu anak-anak para patriot agar dapat mengenyam pendidikan adalah setidaknya yang dapat kami lakukan”.

Hadir dalam acara silaturahmi Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Kemdikbud Ristek, Abdul Kahar. Katanya, beasiswa pendidikan diberikan ke seluruh anak keluarga KRI Naggala 402.

“Pada tahap awal diberikan beasiswa kepada 51 anak yang terdiri dari 34 anak jenjang SD, 5 anak jenjang SMP, 4 anak jenjang SMA dan 8 anak jenjang pendidikan tinggi,” katanya.

Kahar menambahkan, tahun ini, beasiswa diberikan ke putera-puteri yang sudah masuk pendidikan formal. Nantinya, beasiswa juga akan diberikan ke putera-puteri yang saat ini masih balita. Semua beasis itu dilakukan secara bertahap

Presiden RI menginstruksikan Panglima Tentara Nasional Indonesia dan Kepala Staf Angkatan Laut untuk mengatur dan mengelola mekanisme pemberian beasiswa.

Dalam suasana haru, keluarga awak kapal Nanggala 402 menyambut baik perhatian yang diberikan pemerintah. (Tri Wahyuni)