Pemimpin Oposisi Venezuela Akhiri Kunjungan ke Sejumlah Negara Amerika Latin

0
Pemimpin oposisi yang menyatakan diri sebagai presiden sementara Venezuela, Juan Guaido, menghadiri sidang Majelis Nasional Venezuela di Karakas, Venezuela, 29 Januari 2019. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)

SALINAS, EKUADOR (Suara Karya): Pemimpin Oposisi Venezuela Juan Guaido, Minggu, meninggalkan kota pesisir Salinas di Ekuador setelah mengumumkan rencananya kembali ke Venezuela untuk memimpin aksi protes baru terhadap Presiden Nicolas Maduro, meskipun rute kepulanganya masih belum diketahui.

Guaido, yang menghabiskan beberapa hari berkeliling negara Amerika Latin untuk mengantongi dukungan, meninggalkan Salinas dengan pesawat angkatan udara Ekuador menuju kota pelabuhan Guayaquil usai bertemu dengan Presiden Ekuador Lenin Moreno pada Sabtu, seperti yang dilihat Reuters.

“Terima kasih Presiden Lenin atas dukungan penuh Anda,” cuit Guaido di Twitter.

Dari Guayaquil tidak ketahui pasti kemana selanjutnya Guaido akan terbang. Namun, untuk tiba di Karakas pada Senin, dia dapat menggunakan penerbangan komersil dari Bogota atau Kota Panama, meskipun tim media yang mendampinginya tutup mulut soal rute kepulangan mereka.

Guaido, ketua kongres yang dikendalikan oposisi Venezuela, pada Sabtu kembali menyerukan aksi protes pada Senin dan Selasa selama liburan Karnaval. (Bobby MZ)