Pemkot Bekasi Buka Kesempatan Pelaku UMKM Miliki NIB Gratis

0
Suasana pelatihan di ruang Workshop Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kamis pagi hingga siang di Gedung D Lantai 9 Diskopukm, Pemkot Bekasi. (Ist)

KOTABEKASI (Suara Karya): Pemerintah Kota Bekasi membuka kesempatan bagi pengusaha sektor UMKM yang berdomisili dan memiliki usaha di Kota Bekasi untuk mendapat fasilitas pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara gratis alias tanpa dipungut biaya.

“Pembuatan NIB ini hanya yang berdomisili KTP Kota Bekasi saja, pelaku usaha yang akan terdaftar pada UMKM binaan di Diskopukm Kota Bekasi, ataupun yang KTP di luar Kota Bekasi namun memiliki usaha di Kota Bekasi,” kata Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskopukm) Kota Bekasi, Satia ditengah kegiatan sosialisasi bagi pelaku UMKM binaan Pemkot Bekasi untuk pendaftaraan NIB di Kota Bekasi, Kamis (9/6/22).

Diungkapkan dalam siaran pers Humas Pemkot Bekasi yang diterima sore hari, kegiatan sosialisasi pembuatan NIB ini ditujukan untuk umum seperti masyarakat yang mempunyai usaha kecil dan menengah secara gratis setiap Kamis diselenggarakan di ruang Workshop Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Gedung D Lantai 9 Diskopukm, Pemkot Bekasi.

Pelatihan akan berlangsung sampai 17 kali pertemuan ke depan hingga September 2022, maksimal 25 peserta dikhususkan untuk pelaku usaha berdomisili di Kota Bekasi. Materi pelatihan mengenai cara membuat NIB sampai terbit, dan mendaftarkan diri ketik link pendaftaran melalui https://bit.ly/pelatihanNIB2022.

Pemateri Diskopukm Ziah membeberkan secara teknis langkah-langkah pendaftaran untuk mendapatkan NIB. “Jika sudah (mendaftar), si pelaku usaha ini harus memasukan nomor whatsapp (WA) atau email selanjutnya masuk ke website punya BKPN oss.co.id, selanjutnya memasukan data yang diminta seperti KTP, nomor HP, dan alamat usaha. Setelah masuk akun akan mendapatkan username tergantung mendaftarkannya, bila melalui WA ke WA begitu pun yang membuat lewat gmail. Selanjutnya diarahkan untuk mengisi data yang lain berupa nama kode usaha atau KBLI, nanti kita tuntun kode KBLI yang sesuai dengan usaha sipembuat dan yang terakhir klik, selesai,” ucap Ziah.

Kepala Bidang UMKM, Toto Julianto berharap pelaku usaha UMKM bisa mengikuti pelatihan karena penting sekali guna meregistrasikan usaha mendapatkan NIB sehingga akan terdaftar langsung pada BKPN dan memiliki payung hukum usaha di bidang UMKM binaan Pemkot Bekasi.

“Pelaku UMKM bisa pula mengikuti (pelatihan pendaftaran NIB) di Mal Pelayanan Publik BTC Mall dengan target pelaku usaha 500 UMKM,” kata Toto.(dra)