Pemprov Banten Jajaki Ekspor Gula Aren dan Manggis Via Platform Digital

0
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Indonesia Trade Expo 34th Indonesia Convention Exhibition (ICE) Serpong, di Tangerang, Rabu. (Antara)

TANGERANG (Suara Karya): Pemerintah Provinsi Banten menjajaki ekspor produk UKM Banten berupa gula aren dan manggis dengan pengembang platform digital ekspor, Indonesia In Your Head, agar produk Banten dapat masuk pasar ekspor secara daring.

Bersama dengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Indonesia Trade Expo 34th di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Serpong Tangerang, Rabu.

Dalam pameran perdagangan produk ekspor Indonesia tersebut, Andika sempat melakukan penjajakan dengan pengembang platform digital ekspor, Indonesia In Your Head, agar produk Banten dapat masuk pasar ekspor secara daring.

“Tadi saya sempat bertemu dengan pihak Indonesia In Your Head, pengembang platform digital ekspor binaan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Luar Negeri agar produk-produk Banten seperti kerajinan dan pertanian dapat menembus pasar ekspor secara online,” kata Andika usai menghadiri acara tersebut didampingi Kepala Dinas Perindustruan dan Perdagangan (Disperindag) Banten Babar Suharso.

Menurut Andika, dirinya sudah menginstruksikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk menyiapkan dari hulu hingga hilir terkait dengan rencana tersebut.

Andika menyebutkan produk Banten yang dalam waktu dekat ini akan diekspor secara daring melalui Indonesia In Your Head adalah gula aren dan manggis.

“Intinya Indonesia In Your Head sudah oke, dan sekarang kita sedang mempersiapkan segala sesuatunya,” kata dia.

Andika menambahkan, dengan memperdagangkan secara daring di platform digital tersebut, produk Banten dimaksud akan dapat dengan mudah mendapatkan pembeli untuk diekspor ke sejumlah negara.

Selain itu, kata Andika, In donesia InYour Head juga memiliki gerai fisik di sejumlah negara untuk memperdagangkan produk yang dipasarkannya.

“Saya tadi dapat info gerai fisik mereka itu di antaranya ada di Sidney (Australia) dan Amsterdam (Belanda),” kata dia.

Sementara itu, Kepala Disperindag Banten Babar Suharso mengatakan di Indonesia Trade Expo kali ini Banten juga sudah memamerkan sejumlah produk yang potensial untuk diekspor.

Selain gula aren dan manggis yang sedang dilakukan penjajakannya kepada Indonesia In Your Head, produk-produk lain yang turut dipamerkan di antaranya adalah emping, jahe merah, kue kenong, gula semut, kopi hutan Perhutani dan sirup belimbing wuluh.

Indonesia Trade Expo yang kali ini mengusung tema Moving Forward to Serve the World ini akan diselenggarakan hingga 20 Oktober 2019.

Pada acara pembukaan, Wapres JK memberikan penghargaan Primaniyarta Award 2019 kepada 26 peserta, serta Primaduta Award 2019 kepada 30 penerima. (Wisnu)