Pendaftaran SNPMB 2023 Dibuka, Simak Perubahannya!

0

JAKARTA (Suara Karya): Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Prof Mochamad Ashari menjelaskan, perubahan sistem penerimaan mahasiswa baru di PTN merujuk pada Peraturan Mendikburistek Nomor 48 Tahun 2022.

Disebutkan 3 jalur masuk, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP); Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT); dan Seleksi Mandiri. Jalur SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan Tim Pelaksana SNPMB. Sedangkan jalur Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.

Tahapan jalur SNBP dan SNBT diawali proses registrasi akun SNPMB bagi sekolah dan siswa yang sudah dibuka sejak Senin (9/1/23) di portal SNPMB yaitu https://portal.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Registrasi akun SNPMB bagi sekolah ditutup pada 9 Februari 2023. Registrasi akun SNPMB bagi lulusan 2023 akan berakhir pada 15 Februari 2023.

Bagi peserta yang akan mendaftar SNBT, registrasi akun SNPMB dilakukan pada 14-28 Februari 2023. Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbudristek telah menyiapkan data dukung SNPMB.

Data dukung bersumber dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk SMA/SMK dan Education Management Information System (EMIS) untuk MA.

Beberapa data yang ada di portal SNPMB mulai dari status peserta didik, potret setiap satuan pendidikan, jumlah peserta didik, data jumlah rombongan belajar (rombel) terkoneksi langsung dengan data dari Pusdatin.

“Integrasi data itu dilakukan untuk membangun satu data pendidikan di Indonesia. Jika terjadi kesalahan di satu sumber data, maka registrasi akun SNPMB tidak akan berjalan,” ucap Prof Ashari dalam keterangan pers, di Jakarta, Selasa (9/1/2023).

Portal SNPMB merupakan sistem yang dibangun secara Single Sign On (SSO). Mulai dari registrasi akun SNPMB bagi sekolah maupun siswa, kegiatan pengisian PDSS, pendaftaran SNBP, dan pendaftaran SNBT.

Calon peserta SNBP dan SNBT wajib memiliki akun SNPMB. Registrasi akun SNPMB bagi Sekolah dilakukan melalui laman https://portalsnpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Sekolah yang belum memiliki akun SNPMB diwajibkan melakukan registrasi akun di laman portal tersebut hingga akun teraktivasi melalui email yang didaftarkan. Jika sekolah sudah memiliki akun SNPMB bisa langsung login.

Setelah berhasil login, lalu pilih menu verifikasi dan validasi, kemudian tekan tombol perbarui data, dan melakukan validasi data. Jika data sekolah tidak valid, perlu dilakukan koreksi data dan hasilnya dilaporkan ke Dapodik/Emis.

Setelah melakukan perbaikan data pada Dapodik/EMIS, sekolah dapat melakukan tahapan login kembali dan mengulangi tahapan-tahapan validasi data hingga selesai.

Registrasi akun SNPMB bagi Siswa dimulai dengan registrasi akun SNPMB melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Siswa yang belum punya akun SNPMB wajib melakukan registrasi Akun lebih dahulu di laman portal hingga akun teraktivasi melalui email yang didaftarkan.

Jika siswa sudah punya akun SNPMB bisa langsung login. Setelah itu, siswa bisa memilih menu verifikasi dan validasi, lalu tekan tombol perbaharui data, dan melakukan validasi data. Jika data siswa tidak valid, harus melapor ke sekolah agar dilakukan koreksi data dan melaporkan hasilnya ke Dapodik/EMIS.

Setelah itu, siswa melakukan login kembali dan mengulangi tahapan-tahapan validasi data. Setelah tervalidasi dengan benar, siswa diminta mengisi biodata yang diminta, mengunggah foto terbaru (tiga bulan terakhir), dan mengunduh bukti Registrasi Akun SNPMB.

Peserta pelamar beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema KIP Kuliah. Informasi detail dapat dilihat pada laman Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di https://puslapdik.kemdikbud.go.id.

Informasi resmi tentang SNBP dan SNBT 2023 dapat dilihat melalui laman http://www.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. (Tri Wahyuni)