Pengamat Yakin Anies Baswedan Pegang Komitmen Tak Hianati Prabowo

0

JAKARTA (Suara Karya): Pengamat politik Arif Nurul Imam meyakini jika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memegang teguh komitmennya untuk tidak akan pernah menjadi rival Prabowo Subianto dalam pencalonan presiden.

“Besarnya jasa Pak Prabowo kepada Anies dalam perjalanan karier politik, saya kira itu yang akan mendasari dia tetap memegang komitmennya untuk tidak akan pernah menjadi rival di pemilihan presiden,” kata Arif kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (30/7/2022).

Arif menambahkan bahwa secara etika, Anies pastinya sadar dan paham dengan jasa besar Prabowo, yaitu memberikan tiket untuknya dalam Pilkada DKI Jakarta hingga duduk jadi Gubernur.

“Anies dulu dalam Pilpres 2014 adalah tim sukses Jokowi. Tetapi, Pak Prabowo tetap mengusung Anies dalam Pemilihan Gubernur DK Jakarta 2017,” kata Arif.

Arif melanjutkan, secara etik semestinya Anies kukuh dengan komitmen yang pernah diucapkan bahwa dia tidak akan menjadi salah satu yang menghianati Prabowo dan tidak maju capres apabila Prabowo maju sebagai capres.

“Hanya saja, bisa jadi Anies karena ambisi politiknya melupakan etik tersebut,” ujarnya.

Prabowo sendiri hingga kini tidak menunjukkan adanya tensi dengan Anies. Prabowo bahkan hadir ke pernikahan anak Anies pada Jumat di Ancol.

Hal ini menurut Arif dapah ditangkap sebagai bukti sikap kenegarawanan dan kedewasaan Prabowo dalam menyikapi Anies yang telah menunjukkan ambisinya bertanding di pilpres 2024 dengan dukungan partai lain.

“Saya kira itu menunjukkan sikap kedewasaan prabowo sekaligus menunjukkan kenegarawanan Prabowo, meskipun Anies potensial menjadi rival dalam Pilpres di 2024,” ujar Arif. (Bobby MZ)