Pengurus Wilayah Forum TBM Provinsi DKI Jakarta Dikukuhkan

0

JAKARTA (Suara Karya): Pengurus Wilayah Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM) Provinsi DKI Jakarta periode 2021-2026 resmi dikukuhkan oleh Ketua Pengurus Pusat Forum TBM, Opik melalui daring (zoom) pada Sabtu (24/7) malam. Hasil pengukuhan ini dapat dilihat masyarakat melalui Youtube Forum TBM.

Acara pelantikan dan pengukuhan disaksikan juga oleh Pengurus Pusat Forum TBM, Pengurus Daerah Forum TBM DKI Jakarta, para pengelola TBM DKI Jakarta dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta, selaku Pembina serta para penasihat Forum TBM DKI Jakarta, Suryanto.

Dalam sambutannya Ketua PP Forum TBM, Opik mengatakan, melihat komposisi Pengurus Wilayah Forum TBM DKI Jakarta, serta menyimak hasil Raker yang disusun, dia optimistis bahwa pendampingan untuk PD Forum TBM dan TBM di Jakarta akan mengalami percepatan.

“Selamat menjalankan amanah, dan mari kuatkan terus kerja sama internal dalam bingkai organisasi yang bernama Forum Taman Bacaan Masyarakat serta dapat segera merencanakan program kerja dan menjalankan tugas sesuai dengan perannya masing-masing,” harap Opik.

Adapun susunan pengurus TBM DKI Jakarta adalah Yudy Hartanto sebagai Ketua Forum TBM DKI Jakarta dan Safrudiningsih sebagai Sekretaris, Yati Suryati sebagai Bendahara dengan jumlah total yang dilantik berjumlah 15 orang pengurus.

Yudy mengatakan, Forum TBM DKI Jakarta harus menjadi gerakan yang aktif, inovatif dan produktif serta dapat mewujudkan kemandirian taman baca di DKI Jakarta. Sehingga keberadannya bermanfaat bagi masyarakat luas.

Hal tersebut juga didukung oleh Safrudiningsih, “Kami akan membangun sinergitas dengan berbagai pihak yang sejalan dengan gerakan literasi di Jakarta untuk membawa nama Forum TBM DKI Jakarta ke tingkat yang lebih tinggi. Oleh karena itu kami mengharapkan kerjasama yang baik dari pengurus pusat Forum TBM, para pegiat literasi serta dunia usaha dan industri,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta, Suryanto, mengharapkan solidaritas tetap dijaga karena untuk meningkatkan budaya literasi di masyarakat khususnya di Jakarta, selain itu harus mendukung ketua terpilih.

“Pengurus beserta seluruh anggota harus menjaga kekompakan sehingga kinerja pengurus berjalan lancar. Selain itu, komunikasi dan koordinasi juga harus dilakukan lebih intens,” ujarnya. (Pramuji)