Peringati Haornas 2021, Kampus UNJ Gelar Kegiatan Olahraga Sebulan Penuh

0

JAKARTA (Suara Karya) : Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuat kejutan dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2021. Semua itu dilakukan dengan menggelar kegiatan olahraga sebulan penuh di Kampus UNJ.

“Kampus UNJ setiap tahun menggelar Haornas, namun di tahun 2021 membuat kejutan menggelar kegiatan sebulan penuh di bulan September. Haornas kali ini mengangkat tema UNJ Sehat, UNJ Produktif Untuk Indonesia Tangguh,”tegas Dekan FIK UNJ, Dr. Johansyah Lubis, MPd. di Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Kegiatan olahraga yang diselenggarakan sebulan penuh itu adalah menggelar lomba Poster penelitian keolahragaan tingkat nasional, lomba kewirausahaan olahraga tingkat nasional, lomba Film pendek olahraga tingkat nasional, lomba inovasi pembelajaran pendidikan jasmani daring tingkat nasional, lomba senam UNJ sehat,
jejuaraan atletik indoor internal, badminton competition, seminar dan pengabdian keolahragaan.

Dalam sambutannya di Haornas 2021 Johansyah Lubis mengharapkan, melalui tema UNJ Sehat, UNJ Produktif untuk Indonesia Tangguh, menjadikan momentum untuk meningkatkan kesadaran dan pentingngnya pola hidup sehat. Melalui olahraga paparnya, menghasilkan produktifitas yang tinggi sebagai insan akademis. Dengan harapan, menjadikan Indonesia lebih tangguh dan cepat bangkit dari permasalahan Pandemic Covid-19.

Pandemic Covid 19 yang masih berlangsung saat ini katanya, tidak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk terus produktif dan berprestasi di bidang akademik maupun di bidang keolahragaan.

Menurutnya, di tengah keterbatasan dalam melakukan aktivitas, alhamdulillah prestasi-prestasi masih dapat diraih, salahsatunya adalah tim Senam Aerobik UNJ yang berlaga di Slovak Aerobic Open 2021, Bratislava Slovakia meraih dua medali di nomor Individual Man dan Mix Pairs atas nama mahasiswa FIK UNJ Gregorius Agung Wibawa.

Selain itu dibidang akademik, inovasi dan teknologi, mahasiswa dan Dosen FIK UNJ juga meraih prestasi pada Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Terapan Olahraga tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Mahasiswa yang meraih prestasi adalah Endi Safadillah (Aplikasi Sportif), Program Studi Ilmu Keolahragaan FIK UNJ meraih Juara 1 Kategori Digital Technology,
Burhan Basyirudin (Alat Pelontar Bola Takraw), Program Studi Kepelatihan Kecabangan Olahraga FIK UNJ meraih Juara 1 Kategori Engineering, dan
Aliq Fairuzi Afiq (Aplikasi Petrimaco), Program Studi Olahraga rekreasi FIK UNJ meraih Peringkat ke-3 Kategori Digital technology.

Dalam kegiatan Haornas ini paparnya, juga dilakukan pelepasan dosen dan mahasiswa UNJ yang terlibat di PON XX Papua 2021. Ada 200 orang lebih terdiri Dosen dan mahasiswa yang terlibat di PON, baik sebagai atlet, pelatih, official maupun wasit dan Juri.

Dalam Haornas tahun 2021, Kampus UNJ juga membantu dan mensukseskan program pemerintah yang bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar vaksinasi untuk keluarga besar UNJ yang dilaksanakan hari Kamis (9/9/2021) dengan kuota 500 orang.

“Sekali lagi, melalui Hari Olahraga Nasional 2021 dapat membangkitkan semangat insan olahraga untuk terus bergerak dan berprestasi di tengah masalah Pandemic Covid-19. Selamat Hari Olahraga Nasional Tahun 2021, Jadikan UNJ Sehat, UNJ Produktif untuk Indonesia Tangguh,”jelas Johansyah Lubis lagi. (Warso)