Peringati Hari Pangan Sedunia, BAZNAS Luncurkan Food Bank dan Bagikan Seribu Paket Makanan

0
Humas BAZNAS Yudhiarma (kiri), Koordinator Bank Makanan BAZNAS Tuminah (tengah) dan Koordinator Pemulung Lapangan IWAPI Nuriah (kanan) pada acara makan bersama makanan yang dibagikan BAZNAS. (suarakarya.co.id/ Indra)

TANGSEL (Suara Karya): Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan program Bank Makanan atau Food Bank dan membagikan 1.000 paket makanan sehat terkait hari pangan sedunia pada 16 Oktober 2019.

“Program ini sebagai suatu solusi untuk permasalahan sampah makanan di Indonesia. Food Bank juga dirancang untuk mengatasi kekurangan konsumsi bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi,” kata Koordinator bank makanan (Food Bank) Layanan Aktif Baznas (LAB) Tuminah pada acara makan bersama di Kampung Pemulung Kampung Pemulung Jurangmangu Barat, Lapangan IWAPI, Kota Tangerang Selatan, Banten, Rabu (16/10/2019).

Pada momentum Hari Pangan Sedunia, tahun ini, Bank Makanan BAZNAS telah mendistribusikan sebanyak 1.000 paket makanan sehat yang dilakukan secara serentak di enam titik. Salah satunya pada acara yang dipandu Humas BAZNAS Yudhiarma di Kampung Pemulung, Jurangmangu Barat Lapangan IWAPI, Kota Tangsel.

Disebutkan, BAZNAS terus berinovasi dengan program yang inovatif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada muzaki (orang yang membayar zakat, infak dan sedekah atau disingkat ZIS dan dana sosial keagamaan lainnya atau DSKL), serta mustahik (penerima ZIS).

Makanan sehat yang didistribusikan kepada mustahik atau penerima zakat, infak dan sedekah oleh Bank Makanan BAZNAS tersebut, ujar Tuminah diperoleh dari hasil kerjasamanya dengan berbagai pihak seperti rumah maoan dan restoran yang tergabung dalam Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

“Kami MoU dengan mereka, dan kemudian kami mendistribusikan makanan sehat yang berlebih di sekitar hotel-hotel. Minggu ini kita diamanahkan membagikan makanan di daerah ini,” kata dia.

Pada kesempatan kali ini, Bank Makanan BAZNAS, tambahnya mempunyai dua agenda yakni mengenai edukasi yang memberikan penjelasan tentang bagaimana mencuci tangan yang baik dan bersih.

“Kedua membagikan makanan kepada saudara kita yang membutuhkan serta kegiatan makan bersama ala prasmanan ini,” kata Tuminah.

Koordinator Kampung Pemulung Nuriah pada kesempatan makan prasmanan itu, berkali-kali mengucapkan terima kasih.

“Terima kasih, terima kasih Baznas kami sudah dapat makan bersama ini. Terima kasih atas makanan yang enak siap saji ini,” ucap Nuriah. (indra)