Peringati HUT ke-76 RI di Wina, Dubes Bagikan Bantuan untuk Mahasiswa Terdampak Pandemi

0

JAKARTA (Suara Karya): Duta Besar (Dubes) RI untuk Austria, Slovenia, dan PBB, Darmansjah Djumala, membagikan secara simbolis paket bantuan pandemi kepada dua perwakilan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Austria.

Bantuan pandemi ini, menurut Djumala, sejalan dengan tren jumlah kasus positif Covid-19 yang mulai meningkat di Austria dalam beberapa pekan terakhir sebagai dampak libur musim panas masyarakat Austria ke Eropa.

Bantuan tersebut sesuai dengan prioritas 4+1 Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), khususnya prioritas kedua, yaitu perlindungan.

Hal ini, katanya, merupakan bagian dari kehadiran negara di HUT ke-76 Kemerdekaan RI dalam upaya pencegahan dampak kesehatan dengan membantu meningkatkan daya tahan tubuh mahasiswa di masa pandemi yang tidak menentu.

“Kendati masih dalam suasana pandemi, namun tidak menyurutkan semangat masyarakat dan diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia untuk turut meramaikan rangkaian kegiatan merayakan HUT ke-76 RI yang diselenggarakan KBRI/PTRI Wina,” ujar Djumala, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/8/2021).

Rangkaian kegiatan dalam trangka menyambut HUT kemerdekaan RI yang telah diselenggarakan, yaitu terdiri dari kegiatan olahraga pada 15 Agustus 2021 di salah satu fasilitas olahraga kota Wina dan upacara peringatan detik-detik proklamasi pada tanggal 17 Agustus 2021 di KBRI/PTRI Wina.

Rangkaian acara peringatan HUT RI ke-76 diawali dengan kegiatan olahraga yang terdiri dari pertandingan cabang tenis meja dan badminton diikuti sekitar 60 warga dan diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia.

“Pertandingan olahraga bukan sekedar mencari juara namun yang paling penting adalah menjaga Kesehatan kita dan semua berbahagia,” ujar Djumala dalam sambutan pembukaan kegiatan olahraga tersebut.

Setelah tahun lalu ditiadakan karena pandemi Covid-19, kegiatan olahraga dapat dilakukan kembali dengan pertandingan antara ganda putra dan ganda putri yang memperebutkan juara 1 dan 2 cabang tenis meja dan badminton.

Djumala menjelaskan, suasana penuh dengan rasa kekeluargaan yang hangat dan bergembira sangat terasa disaat masyarakat dan diaspora saling bertemu setelah lamanya kegiatan serupa ditiadakan.

Pada 17 Agustus 2021, masyarakat dan diaspora Indonesia yang terdiri dari para pejabat dan staf KBRI/PTRI Wina, Dharma Wanita Persatuan (DWP), PPI Austria, serta wakil-wakil organisasi masyarakat Indonesia di Austria hadir dengan penuh semangat dan kekhidmatan pada acara Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di KBRI Wina.

Namun karena peraturan kesehatan yang masih membatasi jumlah orang yang dapat berkumpul, maka upacara hanya menghadirkan sekitar 65 peserta dan petugas upacara.

Bagi masyarakat dan diaspora Indonesia lainnya yang tidak dapat hadir secara fisik tetap dapat turut serta dalam upacara virtual peringatan HUT ke-76 RI melalui kanal Youtube KBRI/PTRI Wina.

Pembagian hadiah pemenang lomba olah raga juga telah diberikan setelah upacara HUT RI ke-76.Seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-76 RI terlaksana dengan baik dan lancar dengan memenuhi peraturan protokol kesehatan setempat yaitu menjaga jarak, menggunakan masker dan membawa bukti 3G (bukti telah divaksinasi, tes negatif Covid-19, dan telah sembuh dari Covid-19). (Pramuji)