Peringati HUT RI, Konduktor Perempuan Pertama Siap Pimpin GBN 2022

0

JAKARTA (Suara Karya): Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) akan tampil kembali di Istana Merdeka pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77. Untuk pertama kalinya, GBN dipimpin oleh konduktor perempuan lulusan University of Melbourne, Australia.

Konduktor itu bernama Nathania Karina dengan gelar ganda untuk pertunjukan piano dan pendidikan musik. Ia mengaku bangga bisa terpilih dalam pagelaran paling bergengsi di Indonesia, yaitu peringatan HUT RI ke-77 di Istana Merdeka Jakarta.

“Saya senang menjadi bagian dari GBN ini. Karena pesertanya adalah perwakilan dari 34 provinsi. Karena menurut saya, GBN ini versi mininya Indonesia. Kapan lagi bisa bertemu dengan talenta musik dalam satu kesempatan seperti ini,” kata Nathania disela kegiatan latihan GBN di Depok, Jawa Barat, Kamis (11/8/22).

Pelatihan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, latihan seksional untuk paduan suara dengan membagi suara peserta dalam sopran, alto, tenor dan bas serta string. Kedua, latihan tiup dan perkusi untuk oskestra. Serta latihan gabungan untuk paduan suara dan oskestra di malam hari.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana GBN 2022, Yayuk Sri Budi Rahayu menjelaskan, untuk pertama kalinya pula GBN tampil dua kali dalam peringatan HUT RI ke-77 yaitu saat pengibaran dan penurunan sang Saka Merah Putih.

“Pada upacara pengibaran, GBN akan menyanyikan 8 lagu, sedangkan pada penurunan ada 3 lagu,” ujarnya.

Paduan suara dan orkestra GBN sebenarnya akan tampil selama 3 hari berturut pada 16-18 Agustus. Hari pertama, saat pidato kenegaraan di Gedung DPR/MPR Senayan Jakarta, pada 16 Agustus 2022. Hari kedua, saat upacara peringatan HUT RI ke-77 di Istana Merdeka.

“Hari ketiga di peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus 2022. Mereka bernyanyi sebanyak 3 lagu. Lagu andalan mereka, antara lain medley lagu-lagu daerah, Syukur dan Hari Merdeka,” tuturnya.

Yayuk menambahkan, GBN terdiri dari 199 putra dan putri terbaik bangsa Indonesia yang lolos seleksi ketat dari 34 provinsi. Jumlah itu dibagi dalam dua, yaitu131 peserta paduan suara dan 68 peserta orkestra.

Berbagai persiapan dilakukan mulai dari pelatihan daring pada 25-29 Juli dan 1-2 Agustus 2022. Peserta juga mengikuti pelatihan luring selama 6-15 Agustus di Wisma Kinasih Depok, yang dibimbing Korp Musik Kepolisian RI.

Peserta GBN berkesempatan tampil bersama Yura Yunita dan Vidi Aldiano. Total lagu yang dinyanyikan ada 17 lagu. Diantaranya, medley lagu daerah, Syukur dan Hari Merdeka. (Tri Wahyuni)