Perlengkapan Makan Bertema Wayang Beber Diluncurkan

0
suarakarya.co.id

JAKARTA (Suara Karya): Dalam rangka ingin melestarikan budaya Indonesia, Gea and Zen Porcelain Tableware, meluncurkan koleksi perlengkapan makan bertema “Wayang Beber”.

CEO PT Indo Porcelain Tjandra Suwanto mengatakan, seni wayang sebagai kekayaan yang dimiliki Indonesia kini nyaris punah. Dari sekitar 75 jenis wayang, hanya sekitar 25 jenis yang masih bertahan. Terkait hal itu, sebagai upaya untuk melestarikan budaya Indonesia, Gea and Zen Porcelain Tableware, meluncurkan koleksi bertema “Wayang Beber”.

suarakarya.co.id

Menurut Tjandra, dipilihnya desain tableware wayang beber ini, karena terinspirasi oleh seni wayang beber yang berasal dari Jawa timur dan merupakan bentuk seni wayang tertua yang berkembang di Jawa pada masa pra Islam.

“Koleksi kami ini nantinya buka hanya menjadi alat makan saja, tetapi menjadi cenderamata yang bisa diberikan kepada kerabat, turis atau rekan bisnis,” kata Tjandra kepada wartawan di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

suarakarya.co.id

Pada kesempatan yang sama,, salah satu perancang busana di Indonesia, Ghea Panggabean, juga mengatakan hal serupa. Dia berharap, dengan hadirnya desain yang inovatif tersebut, dapat terus membantu melestarikan budaya Indonesia dalam bentuk yang sesuai dengan kehidupan masa kini.

Lebih lanjut Ghea mengatakan, melalui karya-karyanya, juga dapat menjadi jembatan nyata tumbuhnya apresiasi kaum muda akan kekayaan budaya Indonesia. (Bobby MZ)