Pertama di Indonesia, UBL Siap Gelar Jambore Nasional Bank Sampah 2022

0

JAKARTA (Suara Karya): Universitas Budi Luhur (UBL) akan menggelar Jambore Nasional Bank Sampah 2022 di kampus yang berlokasi di wilayah Ciledug, Jakarta Selatan tersebut. Perhelatan tersebut berlangsung selama 14-17 September 2022.

“Ada 300 komunitas dan penggiat bank sampah se-Indonesia menyatakan siap hadir dalam jambore ini. Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dari PT Pegadaian,” kata Rektor UBL, Wendi Usino dalam keterangan pers, di Jakarta, Senin (6/9/22).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro; Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah; dan Koordinator Bank Sampah UBL; Umi Tutik Asmawi.

Wendi menjelaskan, UBL telah mendirikan Bank Sampah sejak 8 tahun lalu. Kesadaran itu tumbuh karena kebersihan lingkungan tak hanya enak dipandang mata, tetapi juga menyehatkan penghuninya. Belakangan, sampah-sampah tersebut juga bernilai ekonomis.

“Kami makin giat mengelola sampah, yang berpegang pada konsep reduced, reuse dan recycle itu bisa menghasilkan uang. Sampah kami bahkan dihargai emas oleh PT Pegadaian,” katanya.

Berkat ketekunan dalam mengelola Bank Sampah, lanjut Wendi, UBL mendapat penghargaan dar LLDikti Wilayah III DKI Jakarta karena berhasil membuat permadani terbesar dari bekas minuman plastik. Pada UI GreenMetric 2021, UBL
meraih peringkat ke-31.

“Kami juga berhasil merebut juara umum dalam lomba nasional bertajuk ‘Memilah Sampah Menabung Emas’ yang digelar PT Pegadaian. Hadiahnya berupa mobil box yang hingga kini digunakan tim Bank Sampah UBL,” tuturnya.

Rektor menyebut ada sejumlah kegiatan menarik yang dilakukan dalam Jambore Bank Sampah 2022. Diantaranya, workshop Sekolah Adiwiyata, lokakarya pengelolaan sampah berkelanjutan, fashion week pakaian daur ulang, lomba bagi pelajar kreatif dan inovatif untuk jenjang TK, SD, SMP, dan SMA/SMK.

Kegiatan lainnya adalah Talkshow ‘Seling’ (seputar lingkungan), festival jajanan nusantara, pameran inovasi karya kreasi Bank Sampah (IKKBS), kunjungan lapangan, kompetisi mural, festival musik bahan daur ulang sampah, kegiatan bersih-bersih serentak di seluruh dunia.

Komunitas yang aktif dalam pengelolaan sampah, antara lain Bank Sampah se-
Indonesia, Gammawaste, Lion International, Perbanusa, Pilah Sampah, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Trash Hero, Lingkungan Siapa, dan masih banyak lainnya.

Jambore tersebut juga memiliki maskot yang menampilkan bumi dan lumba-lumba masih dalam bentuk kerangka besi. Peserta jambore akan menghias maskot tersebut agar terlihat menarik perhatian.

“Maskot berbentuk bumi karena bumi yang kita panggil sebagai ‘rumah’ ini semakin lama semakin rusak, akibat masyarakat yang tidak menjaga kondisi lingkungannya. Sedangkan wujud lumba-lumba terjerat rantai sampah merupakan representasi kondisi makhluk dan alam
yang mengalami kerusakan akibat dari ulah manusia,” tuturnya.

Jika pelaksanaan Jambore Nasional Bank Sampah 2022 berhasil, lanjut Wendi, tak menutup kemungkinan UBL akan menggelar Jambore Dunia Bank Sampah. Perhelatan tersebut akan digelar di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kami memilili jejaring dengan para pengelola Bank Sampah di dunia. Jika jambore nanti berhasil, kami akan menggelar jambore dunia Bank Sampah. Semoga inisiatif ini bisa terealisasi,” kata Wendi menandaskan. (Tri Wahyuni)