Pertamina Trans Kontinental Partisipasi Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Tidung

0

JAKARTA (Suara Karya): PT Pertamina Trans Kontinental (PTK),  turut berpartisipasi dalam acara DPP Indonesian National Shipowners Association (INSA) “Peduli Pelestarian dan Transplantasi Terumbu Karang” yang berlangsung di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Selasa (28/06/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu realisasi Corporate Social Responsibility (CSR) PTK sebagai wujud peduli lingkungan. Kegiatan pelestarian dan transplantasi terumbu karang dilakukan di lahan seluas 377 m2 dan pembuatan 188 unit substrat dengan memberdayakan masyarakat setempat.

Pelepasan substrat dilakukan bersama Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto beserta pengurus DPP INSA lainnya, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Bupati Kepulauan Seribu dan Kelurahan Kepulauan Tidung.

Carmelita memaparkan INSA Peduli Pelestarian Terumbu Karang ini merupakan komitmen INSA dalam pelestarian lingkungan hidup, sekaligus menunjukkan dukungan INSA terhadap konsep ekonomi biru serta pembangunan berkelanjutan.

“Acara ini tidak semata seremonial CSR, tapi juga merupakan bentuk komitmen INSA untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya laut kita,” kata Carmelita di acara CSR INSA Peduli Kelestarian Terumbu Karang dan Mini gathering INSA Yacht Festival (IYF) tersebut.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua Umum III DPP INSA Nova Y Mugijanto. Menurutnya, INSA Peduli Pelestarian Terumbu Karang ini merupakan bentuk kepedulian pengusaha pelayaran nasional terhadap lingkungan di sekitar, terutama terhadap pemulihan ekosistem terumbu karang yang telah rusak di beberapa spot-spot Kepulauan Seribu.

Selain manfaat dari segi lingkungan, kata Nova, pelestarian terumbu karang juga berdampak untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, karena keindahan biota laut yang terjaga dapat dijadikan objek wisata yang menarik bagi wisatawan.

“Usaha kita melakukan pelestarian terumbu karang ini bisa berdampak pada kelangsungan hidup berbagai jenis ikan maupun rumput laut, yang bisa dimanfaatkan untuk objek wisata atau dikonsumsi serta dijual sebagai sumber pendapatan dan ekonomi masyarakat,” kata Nova.

Pelestarian dan transplantasi terumbu karang ini merupakan salah satu komitmen PTK dalam hal pelestarian lingkungan sesuai dengan program CSR yang dimiliki di dalam pilar Lingkungan PTK. VP Legal & Relation PTK Frits Tommy H Sibuea dan VP Marketing PTK Rangga Raditya turut hadir dalam acara tersebut.

“Kegiatan CSR tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian PTK sebagai anggota INSA terhadap pelestarian lingkungan, terutama kehidupan di pantai dan laut yang secara langsung berkaitan erat dengan industri pelayaran dan pariwisata,” kata Tommy.

Inisiatif pelestarian terumbu karang ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi INSA bersama pemangku kepentingan lain untuk membentuk kesadaran kolektif bagi semua pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan industri yg sustainable serta berorientasi pada pelestarian lingkungan tambahnya.

Marketing PTK Rangga Raditya menyampaikan kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi dan juga kesempatan bagi PTK, untuk mempererat kebersamaan sesama perusahaan pelayaran nasional, dengan melaksanakan pertemuan secara fisik setelah sekian lama terhalang oleh kondisi Pandemi di seluruh dunia. Bisnis yang berkelanjutan juga merupakan tujuan mulia yang harus selalu menjadi komitmen para pelakunya.

“Apapun yang kita lakukan untuk menopang bisnis yang dijalani harus selalu mempertimbangkan konsekuensi tindakan di masa depan. Terkait dengan acara ini, kami bersyukur bahwa ini adalah bentuk usaha kami, menjaga lingkungan secara berkelanjutan demi keseimbangan kehidupan di bumi”, ujar Rangga. (Bayu)