Pertemuan EdWG G20 ke-2 di Bandung Tebarkan Semangat ‘Sabilulungan’

0

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) menggelar pertemuan Kelompok Kerja Pendidikan (Education Working Group/EdWG) G20 ke-2 di Bandung pada 18-19 Mei 2022. Pertemuan tersebut dilaksanakan secara hibrida.

Pertemuan diadakan di Bandung, Jawa Barat guna mengajak para peserta EdWG G20 merefleksikan filosofi masyarakat Sunda yang relevan dengan semangat gotong royong, yaitu Sabilulungan.

Chair of G20 Education of Working Group (EdWG) 2022, Iwan Syahril mengatakan, gotong royong merupakan semangat yang terus diusung dalam setiap langkah strategis maupun implementasi hasil pertemuan EdWG G20. Dalam dunia pendidikan secara umum, gotong royong menjadi kunci pemulihan.

“Sabilulungan adalah kearifan lokal yang tak sekadar mengedepankan perilaku gotong royong, tetapi juga silih asah, asih, asuh dan wawangi. Mengesampingkan perbedaan untuk mencapai tujuan besar bagi kepentingan bersama,” tuturnya.

Untuk diketahui, silih asah mengandung makna saling menajamkan pikiran dan berbagi informasi. Silih asih berarti saling mengasihi, silih asuh adalah saling membimbing, dan silih wawangi sebagai saling memberi dukungan.

Semangat Sabilulungan atau gotong royong dalam pertemuan G20 EdWG diharapkan dapat mendorong muncul kebijakan, inovasi, dan inspirasi yang bermanfaat bagi kepentingan nasional maupun global. (Tri Wahyuni)