Pesilat Perisai Diri Raih 2 Emas, 3 Perak dan 3 Perunggu di PON XX Papua 2021

0

JAKARTA (Suara Karya) : Perguruan pencak silat historis “Perisai Diri” yang tersebar diseluruh Indonesia mampu unjuk gigi saat para atletnya tampil di PON XX Papua 2021. Dengan membela kontingen dari daerahnya masing – masing berhasil meraih 2 medali emas, 3 perak dan 3 perunggu.

“Melalui prestasi yang dihasilkan di PON XX Papua dari para atlet yang membela daerahnya masing – masing, menunjukkan perguruan Perisai Diri sangat aktif membina para pesilatnya,”kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Perguruan Perisai Diri (PD) Dr. Johansyah Lubis, MPd di Jakarta, kemarin.

Johansyah Lubis yang juga Dekan FIK UNJ itu merasa bangga atas hasil yang diukir para pesilatnya. Dengan 15 pesilat yang lolos ke PON XX Papua, pesilat dari PD meraih 2 medali emas, 3 perak dan 3 perunggu. Hal itu menunjukkan pembinaan pesilat PD diseluruh Indonesia berjalan sesuai harapan.

Pesilat asal Perisai Diri yang meraih medali emas adalah I Kadek Wahyu Rihantana Giri dari Bali dan Elvis Yeni Kause dari NTT. Peraih perak adalah Muhammad Syafii Nurhikmah dari Jabar, dan Suryaning Tyas dari Jatim serta Ivhon dari Papua.Sedang peraih medali perunggu adalah I Wayan Sumertayase dari Bali, Ni Made Indah Sindi Maharani dari Bali dan Ronaldo Neno dari NTT.

Selain bangga pada para pesilatnya, Johansyah mengucapkan terima kasih pada Ketua Harian PD, Yamediputra dari Bali. Melalui perhatian yang diberikan pada atlet, mampu mengangkat mental tanding saat tampil di PON XX Papua 2021.

Johansyah mengatakan, jalannya pertandingan di PON XX Papua lancar, tanpa sesuatu yang tidak harapkan. Semua itu terjadi dengan diterapkan sistem video replay yang cukup ketat dan berada dalam pengawasan PB IPSI.

Menurutnya, sistem pertandingan dengan menggunakan video relpay dalam pertandingan sangat membantu para wasit. Bila ada atlet atau pelatih yang melakukan protes, video replay bisa langsung diputar ulang.

Sistem pertandingan seperti itu sudah diterapkan saat Indonesia menggelar Asian Games 18 di Jakarta tahun 2018. Begitu juga pada kejuaraan internasional lainnya, selain PON XX di Papua tahun 2021. (Warso)