Petrokimia Gresik Juara Babak Reguler Putaran Pertama di Banyuwangi

0

JAKARTA (Suara Karya) : Tampil optimal, Petrokimia Pupuk Indonesia Gresik berhasil menjuarai babak reguler putaran pertama, Livoli Divisi Utama setelah di final menundukkan Bank Jatim Surabaya 3-1 (25-14, 15-25, 25-20, 25-17), di GOR Tawangalun Banyuwangi, Sabtu (15/10/2022).

Dengan kemenangan tersebut, Petrokimia belum terkalahkan di seri Banyuwangi ini. Di babak reguler sebelumnya, tiga Menurut Ayub, kemenangan atas tim juara bertahan itu karena pihaknya mempelajari kelemahan timnya. “Kami belajar dari kelemahan sendiri sewaktu melawan Bank Jatim,” ujar Ayub usai laga final itu.

Tanpa kehadiran libero Bank Jatim, Yulis Indahyani yang saat laga final itu masih dirawat di rumah sakit, membuat timnya sedikit beruntung.

“Setidaknya receave dari Bank Jatim agak sedikit lemah tanpa kehadiran libero Yulis Indahyani,” tandas pelatih yang membawa Petrokimia menjadi runner-up Proliga 2022 lalu.

Selain itu, pada pertemuan awal dengan Bank Jatim, banyak poin dari kapten tinya, Megawati Hangestri Pertiwi. “Di situ kami banyak mempelajari pergerakan Megawati. Dan alhamdulillah bisa kami atasi,” lanjut Ayub.

Sementara itu, pelatih Bank Jatim, Labib mengakui dengan tidak hadirnya Yulis Indahyani sangat mengganggu permainan timnya. “Terutama receave kami kurang. Sehingga serangan kami tidak seperti biasa,” kata Labib usai laga.

Namun, laga final ini akan menjadi bahan evaluasi di babak final four, November mendatang di Magetan. “Kami akan evaluasi menjelang final four nanti,” tukas Labib.

Kedua finalis di Banyuwangi ini dipastikan akan tampil di final four dan bergabung dengan peringkat satu dan dua di babak reguler putaran kedua di Solo, 18-23 Oktober 2022 ini.

Pertandingan lainnya, Sabtu (15/10/2022), TNI AL berhasil terhindar dari degradasi ke divisi satu, berkat kemenangan atas Vita Solo dengan skor 3-0 (25-16, 25-13, 27-25).

Sedangkan Vita Solo kembali harus bertarung kembali di divisi satu tahun depan.Petrokimia selain menerima piala juga menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp 20 juta. Bank Jatim sebagai runner-up juga mendapat piala dan uang pembinaan Rp 12,5 juta. Begitu pula dengan TNI AL menerima piala dan hadiah uang pembinaan Rp 10 juta sebagai juara ketiga. Vita yang terlempar dari Divisi Utama juga menerima uang pembinaan Rp 7,5 juta.

Minggu (16/10/2022) pertandingan perebutan juara ketiga putra akan mempertemukan DPUPR Rafabinar Grobogan dengan Yuso Yogyakarta jan 14. 00 WIB. Sedangkan final perebutan juara putra akan mempertandingkan Pasundan Bandung dengan BIN Samator Surabaya jam 16.00. Dua laga di akhir di Banyuwangi akan disiarkan secara langsung di Moji TV dan vidio.com.(Warso)