Pj Gubernur Al Muktabar: POPDA Bentuk Percepatan Pembangunan Olahraga

0

suarakarya.co.id – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar secara resmi membuka gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Ke X Provinsi Banten Tahun 2022 di Stadion Maulana Yusuf Banten, Kota Serang, Senin (6/6/2022). Pembukaan ini diikuti oleh 1.675 orang atlet yang berasal dari delapan Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Kepala Daerah dari delapan Kabupaten dan Kota, serta jajaran Forkopimda Provinsi Banten dan Forkopimda Kota Serang sebagai tuan rumah pelaksanaan POPDA X tahun ini.

Dalam sambutannya Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, dirinya sangat menyambut baik gelaran pelaksanaan POPDA ke-X tingkat Provinsi Banten ini. Sebab kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk percepatan pembangunan di Provinsi Banten khususnya pada sektor olahraga.

“Kita akan terus mengisi pembangunan di Provinsi Banten khususnya pada kesempatan ini kita mengisi pembangunan dengan olahraga,” ungkap Al Muktabar.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Bupati dan Walikota se Provinsi Banten yang telah mengirimkan atlet-atlet pelajarnya dalam kompetisi POPDA tahun ini.

“Pada dasarnya olahraga di samping akan menciptakan prestasi, tetapi olahraga juga akan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Dengan daya tahan tubuh yang baik, maka kita akan bisa mengisi pembangunan di Provinsi Banten ini dalam keadaan sehat dan kita akan terus bisa berkarya dalam bentuk-bentuk yang lain,” katanya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Serang yang menjadi tuan rumah pada pelaksanaan POPDA X tersebut. Menurutnya, terselenggaranya kegiatan tersebut sebagai bentuk hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat untuk melangkah bersama mencapai prestasi keolahragaan.

“Dari sini kita dapat menggetarkan Indonesia pada akhirnya nanti, karena kita berharap dari ini akan muncul atlet yang berkembang ke tingkat Provinsi, Nasional dan Internasional,” imbuhnya.

Ia juga mengajak kepada semua pihak, baik atlet maupun para dewan juri dan wasit untuk dapat mengedepankan sportivitas dalam terselenggaranya POPDA X tahun ini. Sehingga dapat menumbuhkan semangat juang dan rasa pantang menyerah.

“Tentu dengan demikian akan menjadi spirit untuk kita ke depan, khususnya bagi para pelajar yang masih terbentang jalan yang luas untuk berbagai prestasi yang dapat dicapai,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten, Ahmad Syaukani menyampaikan tujuan diselenggarakannya POPDA X ini dalam rangka menjaring bibit-bibit atlet yang dipersiapkan untuk Pra-POPNAS wilayah III tahun 2022 di Kalimantan Selatan dan POPNAS XIV tahun 2023 di Provinsi Belitung untuk mewakili Provinsi Banten.

“Peserta POPDA X Provinsi Banten tahun 2022 ini adalah para pelajar baik tingkat SLTP maupun SLTA atau sederajat se-Provinsi Banten, dengan jumlah peserta sebanyak 2.229 orang baik dari atlet, pelatih dan official,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan, pada POPDA X Provinsi Banten tahun 2022 ini terdapat 19 cabang olahraga yang dipertandingkan, dan medali yang diperebutkan sebanyak 1.222 medali, terdiri dari 353 medali Emas, 353 medali Perak dan 516 medali Perunggu.

“Semoga POPDA X kali ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun dan menghasilkan generasi muda atlet Banten yang berprestasi baik ditingkat Nasional maupun Internasional,” tandasnya. (Advertorial Biro Adpim/Yo 04)