PKM Dosen Fakultas Ekonomi UNJ dengan Berbagai Perguruan Tinggi Berikan Keterampilan Dasar Penunjang Tugas Akhir

0

JAKARTA (Suara Karya) : Memberikan pengetahuan Keterampilan Dasar Penunjang Tugas Akhir pada para mahasiswa, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bekerja sama dengan Perguruan Tinggi lain mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa Pelatihan.

Dalam PKM yang digelar secara online Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bekerja sama dengan UNU Purwokerto, Universitas Pertiwi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, STIE & STMIK Jayakarta, dan Universitas Al-Khairiyah.

Para nara sumber yang hadir adalah Terrylina Arvinta Monoarfa, SE., MM. Dosen Fakultas Ekonomi UNJ, Destria Kurnianti, SE., M.Sc. (Dosen Fakultas Ekonomi UNJ) Dr. Uswatun Khasanah, S.E., M.M., M.Ak. (Dosen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya) dan Farrah Munif Badjri, SST., M.Par., MM. (Dosen Universitas Pertiwi). Adapun Dr. Tutty Nuryati, SE., M.Ak. (Dosen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya) selaku moderator.

Acara dibuka secara resmi oleh Dr. Indra Pahala, SE., M.Si. sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang kemudian dilanjut dengan sesi foto bersama dengan para narasumber.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut atas Perjanjian kerjasama yang telah dijalin Fakultas Ekonomi UNJ bersama perguruan tinggi lainnya, baik di lingkup nasional maupun internasional,” kata Dr. Indra di Jakarta, kemarin.

Adapun penyampaian materi dimoderatori Dr. Tutty Nuryati, S.E., M.Ak. selaku dosen dari Universitas Bhayangkara. Pemaparan materi pertama disampaikan Dr. Uswatun Khasanah mengenai Akses Jurnal Internasional.

Dalam materinya, Dr. Uswatun menyampaikan terkait bagaimana cara mendapatkan akses jurnal nasional dan internasional, serta memberikan informasi dimana mahasiswa dapat mengakses jurnal untuk penulisan tugas akhir.

Materi berikutnya disampaikan, Farrah mengenai Reference Management. Dalam kesempatan itu, Farrah menjelaskan bahwa, saat ini banyak sekali reference manager yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam membuat referensi untuk tugas akhirnya, yang salah satu reference manager yang sudah umum digunakan yaitu Mendeley.

Kegiatan dilanjut dengan penyampaian materi ketiga oleh Terrylina Arvinta Monoarfa, S.E., M.M. tentang perumusan State of the Art. Terrylina menyampaikan bahwa, kebaruan dalam penelitian menjadi salah satu yang penting untuk diperhatikan.

Mahasiswa yang akan mengerjakan tugas akhir sebaiknya dapat dengan cermat untuk memutuskan apa yang membedakan penelitiannya dengan penelitian terdahulu. Hal ini penting diperhatikan sebagai penentu landasan berpikir peneliti yang selanjutnya akan memberikan arahan kepada peneliti dalam melaksanakan penelitian, serta memberikan sorotan/penekanan terhadap fokus tertentu ketika melakukan analisis dan pembahasan di dalam penelitian.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah materi mengenai Similarity Check yang disampaikan Destria Kurnianti, S.E., M.Sc. Materi yang disampaikan terdapat berbagai website yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan cek similarity. Selain itu, beliau juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan Turnitin dalam melakukan similarity check serta memberikan tips bagaimana mengurangi tingkat plagiarisme.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan menarik. Terdapat sekitar 240 peserta yaitu mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi yang hadir dalam kegiatan ini. Sesi tanya jawab dengan narasumber juga berlangsung menarik. Karena para peserta sangat aktif dan antusias dalam mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Kegiatan diakhiri dengan pengumuman 5 orang pemenang doorprize masing-masing sebesar Rp 100.000. (Warso)