PKM Program Studi Statistika UNJ dengan LLDIKTI Wilayah III Tingkatkan Kualitas Riset Dosen dan Mahasiswa di Bidang Pendidikan

0

JAKARTA (Suara Karya) : Memberikan edukasi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Statistika, Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) secara daring menggunakan platform Zoom Meeting.

“Kegiatan PKM secara zoom yang bekerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) III yang kini dipimpin Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. dilaksanakan hari Sabtu (25/9/2021),” jelas Dosen Prodi Statistika, Dania Siregar, M.Si., di Jakarta, kemarin.

Dania mengatakan, kegiatan yang memberikan pengetahuan statistika pada masyarakat itu mengambil tema
“Pelatihan Analisis Statistika dan Visualisasi Data”. Terdapat 5 jenis pelatihan yang dapat dipilih untuk diikuti oleh dosen dan mahasiswa dari Perguruan Tinggi Swasta di wilayah LLDIKT IIII.

Kegiatan ini dibuka Dr. Esmar Budi, S.Si., MT. selaku wakil dekan I FMIPA UNJ. Adapun dari LLDIKTI diwakili Ikhsan Riyanda. Sementara dari Sub Koordinator Akademik memberikan sambutan dan menyambut baik terselenggaranya acara tersebut. Kegiatan tersebut mendukung peningkatan kualitas riset bagi dosen dan mahasiswa khsususnya di bidang pendidikan.

Menurutnya, program PKM ini, terbagi menjadi 5 jenis pelatihan dengan topik pelatihan yang berbeda. Sementara pembicara dalam kegiatan tersebut terdiri dari 8 dosen statistika dan tim dosen lain serta mahasiswa UNJ, yaitu Dr. Ir. Bagus Sumargo, M.Si selaku Koorprodi Statistika, Prof. Dr. Suyono, M.Si., Dra. Widyanti Rahayu, M.Si., Dian Handayani, M.Si. , Vera Maya Santi, M.Si., Dania Siregar, M.Si., Qorry Meidianingsih, M.Si. dan Farroh Ladayya, M.Si.

Berikutnya, PKM dengan judul pelatihan “Penerapan Teknik Sampling dalam Riset untuk Dosen dan Mahasiswa di LDIKTI Wilayah III” diberikan oleh Dr. Ir. Bagus Sumargo, M.Si. diikuti 123 peserta. Peserta diberikan pelatihan bagaimana penerapan Teknik sampling dalam melakukan riset.

Adapun PKM dengan judul “Pelatihan Penggunaan Uji Hipotesis dalam Penelitian Untuk Dosen dan Mahasiswa di LLDIKTI Wilayah III” di paparkan secara daring oleh Dra. Widiyanti Rahayu, M.Si., dan diikuti sebanyak 114 peserta.

Sedang Dania Siregar, M.Si. paparannya dalam PKM mengambil judul “Pelatihan Visualisasi Data menggunakan Tableau untuk Dosen dan Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di LLDIKTI Wilayah III”. yang pesertanya mencapai 132 orang.

Kegiatan ini katanya, dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan para dosen dan mahasiswa dalam memvisualisasikan data besar khususnya pada riset-riset yang dilakukan.

Sementara acara tersebut terdiri dari pemaparan materi mengenai visualisasi data dan pengenalan software Tableau, serta praktek langsung visualisasi data menggunakan software Tableau. Data yang digunakan adalah covid-19 di Indonesia.

Diakhir acara, 3 peserta dari pelatihan ini memaparkan hasil visualisasi data yang telah mereka ikuti. Ketiga peserta tersebut terdiri dari Theodorus Sendjaja, S.Sos, MBA, CWM, Dr. Nenden Siti Fatonah, S.Si, S.Kom dan Istianah Surury, S.KM, M.Epid.

Adapun PKM dengan judul “Pelatihan Teknik Analisis Data Multivariat untuk Sivitas Akademika di LLDIKTI Wilayah III” dipaparkan oleh Qorry Meidianingsih, M.Si dan Dian Handayani, M.Si. yang dihadiri 116 peserta.

Selain itu, “Pelatihan Rancangan Percobaan dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Riset Dosen dan Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Bawah Naungan LLDIKTI Wliayah III” dipaparkan oleh Vera Maya Santi, S.Si. M.Si dan diikuti sebanyak 110 peserta.

Pelatihan ini, dilaksanakan dengan tujuan meningkatan kualitas riset bagi dosen dan mahasiswa serta diharapkan mampu merancang suatu percobaan penelitian kuantitatif khsususnya di bidang pendidikan.

Kegiatan ini paparnya, berjalan cukup baik dan lancar. Bahkan, peserta cukup antusias dalam pelaksanaan pelatihan meskipun diadakan secara daring. Sebagian besar peserta pelatihan merasakan manfaat dan pengetahuan baru, motivasi serta keterampilan yang menunjang profesi sebagai dosen dan mahasiswa.

Sedang di akhir acara, banyak peserta yang meminta dibuatkan program pelatihan serupa untuk dibimbing dalam meningkatkan kualitas riset di bidang pendidikan. Begitu juga diharapkan dapat menunjang profesi mereka sebagai dosen ataupun mahasiswa. (Warso)